Seperti tahun-tahun sebelumnya, pencarian mobil bekas jelang Lebaran menunjukan gairah yang lebih besar ketimbang di hari biasa. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, peningkatan tersebut mencapai 28 persen, dari 1,075,000 menjadi 1,372,000 pencari. Puncak pencarian pun terjadi di minggu ke-2 Ramadan, sebanyak 11 persen.

Menurut marketplace yang biasa menjajakan mobil-mobil bekas seantero negeri, OLX, SUV menjadi segmen mobil yang paling banyak dicari. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kenaikan pencarian SUV selama Ramadan 2019 mencapai 21 persen. Selain SUV, pencarian di segmen Hatchback dan Sedan juga pengalami kenaikan sebanyak 16 persen, sementara MPV mencapai 17 persen.

Kendati demikian, meski SUV merupakan segmen mobil yang paling banyak dicari, namun pamor MPV sejuta umat Toyota Avanza masih terbilang cukup sukses memegang peranan pasar mobil bekas.

“Data kami menyebutkan mobil bekas yang paling banyak dicari jelang mudik Lebaran tahun ini adalah Toyota Avanza dan mayoritas pencarinya berasal dari Bandung, Surabaya, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Bekasi,” ujar Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia. “Sementara, untuk harga yang paling banyak dicari adalah Rp 152,000,000,” tambahnya.

OLX juga memantau adanya peningkatan harga jual mobil bekas. Kenaikan harga jual tertinggi terjadi di segmen Sedan. Kenaikan harganya mencapai 43 persen, dari Rp 98,000,000 menjadi Rp 140,000,000. Segmen lain yang juga mengalami peningkatan harga jual adalah SUV (19%), Pickup (19%), dan Hatchback (6%). Sementara itu, MPV hanya mengalami peningkatan harga jual rata-rata 7 persen.