Rabu (24/6), Toyota mengeluarkan desain rancang bangun markas barunya di Amerika Utara, tepatnya di Plano, Texas. Nantinya bangunan ini akan dibuat untuk mengumpulkan karyawan Toyota yang kini masih tersebar di California, Kentucy dan New York.
“Membawa tim kita bekerjasama dalam satu area baru yang menawan dan meninspirasi di Plano ini akan membantu Toyota menjadi perusahaan yang lebih inovatif, kolaboratif dan kohesif,” jelas CEO Toyota Motor North America, Jim Lentz.
Dalam rancang bangunnya tersebut, ada tujuh gedung bangunan yang terpisah dan sepenuhnya terbuat dari kaca. Di tengahnya ada sebuah plaza terbuka yang bisa diakses melalui empat jalanan yang berbeda. Toyota berujar bila hal tersebut dimaksudkan untuk menginspirasi ketransparanan dan membuat interaksi sosial antar pekerjanya.
Selain kegiatan perkantoran, gedung ini nantinya juga akan menyediakan pusat kebugaran lengkap dengan kesehatan. Seusai dengan visi One Toyota, bagunan ini memiliki tujuan untuk membangun lingkungan yang kreatif. Tumbuh-tumbuhan yang ditanam juga dipilih khusus demi menangkal datangnya banjir.
Walikota Plano Harry LaRosiliere mengaku terkejut kala melihat rancang bangun itu untuk perkata kali. Namun dirinya percaya bila Toyota akan membuat produk yang terdepan dan itu sesuai dengan visi kotanya.
“Kami mengerti tujuan mereka adalah untuk membuatnya ramah lingkungan, dan kami sangat bersemangat karena kelestarian lingkungan itu sangat penting bagi kita.” Jelas LaRosiliere.
Rancangan ini dibuat oleh Corgan Associates, sebuah perusahaan asal Dallas yang kerap menangani proyek besar seperti bandara, rumah sakit dan sekolah. Beberapa bangunan korporasi besar yang dibangun di area Dallas pun termasuk hasil karyanya. Sementara untuk kontraktornya Toyota memilih Austin Commersial, kontraktor umum berbasis Dallas yang juga memiliki rekam jejak cukup baik. Proyek ini diperkirakan kelar pada awal 2017.