toyota-fuel-cell

Pabrikan Jepang Toyota membuka paten mobil bertenaga sel hidrogennya untuk kompetitor. Hal tersebut diumumkan di Las Vegas bebeapa saat yang lalu demi mendongkrak pasar mobil hydrogen.

Kini, para rival Toyota tidak diharuskan untuk membayar royalti bila mereka mau menggunakan 5,680 paten global yang terkait dengan teknologi hidrogen. Contoh saja penampung bahan baar sel, tanki hydrogen bertekanan tinggi, software sistem bahan bakar dan produksi hidrogen.

“Kami berfikir bahan bakar sell memiliki potensi untuk menjadi teknolgi yang umum digunakan pada 100 tahun mendatang. Dengan memiliki lebih banyak penyuplai dan pabrikan dalam mengembangkan teknologi sell, kami berharap hal tersebut dapat membantu meningkatkan transisi menuju pasar tersebut,” jelas Bob Carter, wakil presiden senior Toyota U.S.

Selanjutnya, Carter membandingkan langkah ini dengan Prius Hyrid yang bertenaga bensin-listrik. Ditemukan jangka waktu beberapa tahun untuk menghantarkan mobil ini ke tangan konsumen.

Gerakan hidrogen dimulai ketika Toyota, Honda dan Hyundai mengenalkan kendaraan baru berpenggerak hidrogen mereka kepada konsumen. Mirai adalah varian hidrogen pertama Toyota, yang sudah mendarat di pasar pada akhir tahun lalu. Mobil ini dianggap sebagai keajaiban alam karena hanya mengeluarkan uap air sebagai gas buang. Sayangnya, meski harganya sudah turun drastis, Mirai masih tetap mahal untuk dibangun dan infrastruktur pengisian pun masih minim ditemui di Jepang.