Tak banyak yang tahu produk hi-end Toyota yang satu ini. Well, sebuah full-size sedan berdesain anggun dan berwibawa ini memang bisa Anda lihat di negeri Matahari Terbit. Uppss, di Indonesia saya pernah melihat dua unit, yang satu milik seorang pengusaha dan petinggi partai berinisial AB. Dan satunya lagi seorang menteri berinisial RG.

1997_Toyota_Century_GZG50_005_7751

Toyota century sendiri adalah project  flagship Toyota yang mulai diproduksi tahun 1967. Nama Century sendiri diilhami dari peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries. Yang semula dilansir dengan mesin V8 dan di generasi kedua tahun 1997 dengan V12. Meskipun Century menjadi produk premium, namun mobil ini hanya tersedia di Toyota Store Jepang dan tak dijual di luar Jepang.

toyota century

Styling eksterior Century bagai tak berubah sejak diperkenalkan. Status sosialnya dianggap sebagai kendaraan konservatif dan menjadi pesaing Nissan President, Mitsubishi Debonair dan Mazda Roadpacer yang hadir  di akhir tahun 60an.

042

Century mengalami desain ulang yang lengkap pada tahun 1997, meskipun model baru secara visual masih mirip dengan generasi sebelumnya. Namun  model terbaru ini telah  bertenaga 276Hp dengan mesin 5.0 L 1GZ-FE V12, dilengkapi transmisi otomatis 6-speed yang mulai diproduksi tahun 2005. Ia juga telah dilengkapi suspensi udara yang membuat kenyamanannya makin prima.

toyota-century_13

Di seluruh produk Toyota, Century malah dianggap paling mewah dan di atas jajaran Lexus. Walau Century telah dikloning dengan Toyota Crown Majesta yang sama dimensinya. Namun Majesta hadir dengan wajah modern dan lebih menarik untuk pembeli usia muda.

toyota_century_1989_photos_1

Seperti mobil lain di kelas mewah, Century dirancang dengan kabin yang lega, serta kursi belakang yang bisa diatur hampir berbaring. Kursi belakang juga dilengkapi dengan sistem pijat.

toyota_century_1987_wallpapers_1

Interior mobil ini umumnya dirancang dengan kain wol. Dan ini ternyata sengaja dipilih lantaran kulit dianggap tak setenang kain ketika diduduki. Century juga bisa dipesan dalam warna sesuai keinginan pembeli. Mobil ini juga dilengkapi renda gorden putih yang biasanya dipasang di jendela belakang. Perkara harga memang di bawah LS 600hL namun secara penampilan, Century tetap membuat Anda harus mengenakan pakaian formal.

1024px-Toyota_Century_used_by_Japanese_Prime_Minister

Meskipun Century tidak diekspor luar Jepang dalam jumlah besar, sering digunakan oleh pejabat yang ditempatkan di kantor-kantor di luar negeri dan kedutaan Jepang. Berbeda dengan mobil-mobil mewah lainnya (seperti Maybach atau Rolls-Royce). Century belum diposisikan dan dipasarkan sebagai tanda kekayaan atau kelebihan.  Nah, inilah mobil yang hingga hari ini dimanfaatkan sebagai kendaraan kaisar Jepang.