Belum genap dua pekan Toyota memperkenalkan Corolla Cross di Thailand, di tempat berbeda di Amerika Serikat Toyota juga memperkenalkan model baru Corolla Apex. Kolaborasi antara Toyota Corolla dengan Apex yang merupakan label milik tuner performa Apexi asal Jepang memang sudah berlangsung sejak lebih dari tiga dekade lalu.

Mungkin bila masih Anda ingat adanya produk resmi yang dilansir Toyota, yakni Levin GT Apex pada model Corolla E80 dan E90, Corolla Apex 2020 ini merupakan salah satu generasi penerusnya. Dimana secara performa suspensi dan aerodinamika sepenuhnya dikerjakan oleh Apex.

Di Amerika Serikat, Toyota Corolla dengan paket sport-kit Apex ini dibuat terbatas hanya sebanyak 6.000 unit. Sementara yang bertransmisi manual hanya 120 unit.

Toyota Corolla Cross

Karena dibalut dengan aero kit yang berorientasi pada hambatan angin rendah dan performa, Toyota Corolla Apex punya tampang lebih agresif berkat lampu lebih tajam, gril berkelir hitam dengan motif sarang lebah dan aksen emas pada cover DRL yang membentuk sudut kotak.

Tak hanya itu, sektor kaki-kakinya juga terlihat berbeda demi menambah nilai akurasi pengendalian. Suspensi Toyota Corolla Apex meningkatkan kekakuan ayunan sebesar 47 persen di depan dan 33 persen di belakang. Dengan setup suspensi baru yang diturunkan sebesar 0,6 inci, mobil ini jelas punya ground clearance yang lebih rendah dari model standar untuk menambah kestabilan saat dibesut pada kecepatan tinggi.

Sebagai pelengkap untuk membedakan mobil ini dengan model lain, Corolla edisi spesial ini juga dilengkapi logo Apex pada buritan belakang dan knalpot yang didesain khusus berukuran 3.5 inch dari bahan stainless steel.

Toyota Corolla Apex

Fitur keselamatannya sudah dibekali dengan teknologi keamanan canggih standar Toyota, yakni Toyota Safety Sense.

Urusan jantung pacu, Toyota Corolla Apex tetap menggendong mesin 2.0 liter 4-silinder yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 169 hp. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni CVT dan Manual (hanya 120 unit).

Sayangnya Toyota belum mengungkap harga Toyota Corolla edisi sport Apex yang bakal dilepas ke pasar pada 2021. Namun, banyak yang memprediksi harga jual mobil ini berada di kisaran Rp 350  juta bila dikonversi ke mata uang lokal.