Menanggapi rumor yang beredar belakangan ini, Toyota dan Mazda telah mengumumkan kesepakatan jangka panjang mengenai kerjasama teknologi. Keduanya percaya bila dikerjakan bersama mereka dapat membuat kendaraan yang menarik yang sanggup memenuhi kebutuhan sekaligus selera seluruh konsumen di dunia.

Kerjasama tersebut ditandai dengan jabat tangan antara Presiden Toyota, Akio Toyoda dan Presiden Mazda Motor Corp. Masamichi Kogai di Tokyo Hotel, Rabu (13/5) Waktu setempat. Keduanya tersenyum yang masing-masing menggunakan dasi merah dan setelah hitam.

“Ini lebih dari sekedar pertunangan,” jelas Toyoda, sembari mengandaikan event tersebut sebagai sebuah perkawinan. Masing-masing tidak akan merebut saham dan keuntungan. Mereka masing-masing akan saling melengkapi demi menghasilkan mobil yang berkualitas.

Minat Toyoda  ada pada Skyactive, mesin diesel dan bensin Mazda yang memiliki teknologi irit bahan baka. Sedangkan Toyota akan dengan bebas memberikan kepada Mazda teknologi hijaunya, seperti bahan bakar sell yang berasal dari hidrogen.

“Kami berdua menerima tantangan,” ujar Toyoda. “saya bersemangat untuk memikirkan produk hebat apa saja yang bisa kami ciptakan saat teknisi kami bekerja bersama-sama,” tutupnya.