PT Toyota Astra Motor (TAM) bikin area test drive permanen yang diberi nama Toyota Driving Experience untuk para calon konsumennya di markas besarnya di Sunter, Jakarta Utara. Diatas lahan seluas 9.225 meter persegi ini, Toyota Driving Experience menyuguhkan berbagai menu permukaan jalan yang disimulasikan sebagai kondisi aktual jalan raya di kota besar Indonesia.

Fasilitas pengujian kendaraan baru bikinan Toyota ini terbagi dalam beberapa kontur jalan. Menurut pengamatan kami saat seremoni peresmian, Jumat (29/3), Toyota Driving Experience terbagi dalam area pengujian kenyamanan, pengujian fitur, pengujian genangan air, pengujian akselerasi dan deselerasi dan area pengendalian.

Tahap awal lintasan Toyota Driving Experience, konsumen disuguhkan dengan beberapa buah speed bump atau polisi tidur yang dipasang tidak sejajar. Kondisi ini mensimulasikan kinerja suspensi saat melibas jalan bergelombang dengan aturan kecepatan maksimal 20 km/jam.

Berlanjut ke menu slope atau tanjakan dan turunan dengan kemiringan hampir 30 derajat. Di bagian tanjakan, konsumen dapat mencoba fitur Hill Start Assist yang dimiliki semisal Toyota Avanza Veloz dan model lainnya. Sementara di sisi sebaliknya, turunan dibuat untuk menunjukan kinerja fitur Brake Hold yang salah satunya dimilikioleh Toyota Camry terbaru.

Bagian ini adalah yang paling menantang, yakni kubangan air setinggi kurang lebih 20 cm. Sebagaimana kita tahu, genangan air adalah pemandangan yang lumrah di kota besar Indonesia saat di musim penghujan. Untuk memberikan rasa kepercayaan diri bagi calon konsumennya, di Toyota Driving Experience pengendara bisa mendapatkan ilmu dari wiraniaga Toyota soal bagaimana melintasi genangan air yang aman bagi kendaraan.

Beralih ke lintasan selanjutnya, sejumlah pot hole (lubang jalanan) diciptakan untuk kembali menguji kinerja suspensi kendaraan yang dilanjutkan dengan lintasan dengan lapisan aspal kasar. Sambil dapat merasakan ayunan suspensi kendaraan incaran, calon konsumen juga dapat mendengarkan kebisingan kabin saat ban berhadapan dengan aspal kontur kasar.

Masuk ke menu berikutnya, permukaan aspal mulus terbentang sejauh lebih dari 200 meter. Disini konsumen dapat melakukan pengujian akselerasi yang disambung dengan deselerasi sambil merasakan kesenyapan kabin dari gemuruh roda.

Sebagai tahapan akhir, sejumlah kun telah diatur posisinya sebagai arah manuver mobil untuk menguji pengendalian. Sebelum memasuki garis akhir, tersedia kantung parkir yang dirancang untuk mencoba visualiasi dari kamera mundur dan sensor parkir yang terdapat di kendaraan.

Menurut Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor saat di lokasi menyebutkan, betapa pentingnya fasilitas ini bagi TAM. Mengingat berdasarkan perhitungan kami, 70% dari calon konsumen langsung melakukan pemesanan kendaraan setelah melakukan test drive.

“Hal ini terkait dengan seberapa lengkap calon konsumen mencoba kendaraan incarannya sebelum memutuskan untuk membelinya. Makanya fasilitas Toyota Driving Experience ini kami bangun dengan menu lintasan yang lengkap agar konsumen mendapatkan pengalaman yang lebih kompleks saat melakukan test drive,” ujarnya.