Setelah menjadi runner up dalam seri pertama World Rally Championship (WRC), Monte Carlo Januari lalu, tim Toyota Gazoo Racing optimis akan memenangi seri kedua WRC di Swedia,  akhir pekan ini. Seri kedua ini diperkirakan akan berlangsung lebih berat mengingat trek Swedia berkarakter lebih cepat dan tertutup lapisan salju.

Tim balap asuhan mantan juara WRC empat kali, tommi Makinen ini telah menjalani sesi pengujian mobil di trek dengan kondisi yang mirip selama lima hari di Finlandia. Pengujian mulai dari suspensi, tenaga mesin hingga pemilihan ban menjadi menu utama bagi dua pembalap Yaris WRC, Jari-Matti Latvala dan Juho Hanninen.

Salju dan kepingan es menjadi tantangan terberat setiap tim reli di Swedia. Penggunaan ban dengan kembangan khusus yang memiliki paku logam di bagian tapak terus menerus diuji demi mendapatkan traksi maksimal.

Reli Swedia akan berlangsung mulai besok (9/2) hingga Minggu 12/2) mendatang. Para pembalap dituntut untuk menyelesaikan perlombaan pada trek sepanjang 331,74 Km yang menyuguhkan trek baru sebanyak dua pertiga dari total lintasan.

Dalam siaran persnya, Latvala menyebutkan saya sudah mengetes mobil di salju sebelum natal tahun lalu dengan Yaris WRC hingga pekan lalu. Kendati terbilang dalam waktu singkat, ada perkembangan yang cukup bagus di mobil dan di tim secara keseluruhan.

Latvala dan timnya pun terlihat optimis untuk kembali menaiki podium juara reli Swedia di sesi kedua musim 2017 ini.