Toyota GT86 ile Dünya Drift Rekoru

Fast to Furious. Salah satu film ber-genre action itu memang memiliki beribu aksi kebut-kebutan yang menantang dan memacu adrenalin. Aksi slalom, drifting, dan drag nan liar, dalam film tersebut cukup membawa influence besar terhadap para pecinta otomotif di seluruh dunia. Perubahan pandanganpun juga terjadi. Kendaraan roda empat yang semula hanya sebagai alat transportasi, kini banyak kendaraan yang akhirnya dimodifikasi, hanya demi terjun sebagai atlet di salah satu cabang olahraga otomotif, yaitu drifting.

Aksi yang awalnya lahir dari negeri sakura, Jepang, tersebut kini makin digandrungi di belahan dunia lain. Tiap tahunnya, rekor baru coba diciptakan oleh para insan penikmat aksi bakar ban tersebut.

Kini, rekor baru Guiness World Record sukses ditorehkan sebuah Toyota GT86. Adalah Harald Muller, pengemudi asal Jerman, yang menjadi aktor di balik kemudi mobil sport Jepang tersebut. Dikatakan, jaraknya terpaut sekitar 11 km dengan rekor Harald.

Dan menurut situs resmi Guiness tersebut, Harald membutuhkan sebanyak 612 lap dan waktu sepanjang 2 jam, 25 menit serta 18 detik untuk memecahkan rekor tersebut.

Harald sendiri sukses menggores aspal lewat aksi drift sepanjang 144 km di lintasan Samsun, Turki. Aksi ini sukses melengserkan rekor tahun lalu yang ditorehkan oleh BMW M5 di Carolina Selatan, Amerika Serikat.