Penghijauan adalah bagian dari kegiatan Corporate Social Contribution (CSR) Toyota Indonesia di bidang lingkungan hidup yang telah dimulai sejak berdirinya perusahaan. Banyak kegiatan yang telah mereka lakukan dengan fokus upaya nyata berupa seri penanaman pohon, mendukung pembangunan “Bank Genetik” untuk spesies tumbuhan asli dan langka Indonesia, serta edukasi kesadaran lingkungan hidup bagi generasi muda Indonesia.

Dan baru-baru ini PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan perusahaan pemasok lokal yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club (TMClub) melakukan penanaman lebih dari 230.000 pohon bakau di Pantai Utara Kabupaten Karawang, tepatnya di sepanjang Pantai Tanjung Baru yang berlokasi di Desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon pada Kamis (26/02). Dengan penambahan ini, Hutan Toyota atau Toyota Forest sudah menanam lebih dari 700.000 pohon bakau di pantai utara Jawa sejak tahun 2012 termasuk di Kepulauan Seribu, Bekasi, dan Karawang.

“Kami di Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus-menerus berupaya keras melakukan aktivitas-aktivitas yang memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia sebagaimana terpapar dalam filosofi “Toyota Berbagi” kami, salah satunya adalah dengan penanaman pohon bakau ini,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Pohon dan hutan bakau dipilih karena memang mereka memiliki kemampuan besar dalam menyimpan dan menyerap karbondioksida. Selain itu banyak literatur ilmiah pun menyebutkan bila hutan bakau membantu mengurangi abrasi pantai serta mendukung biodiversitas laut yang kaya dan melimpah yang dapat memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat sekitar.

“Harapan kami, penanaman pohon bakau dapat memberikan manfaat nyata yang baik bagi penduduk di sekitar lokasi penanaman serta dapat menginspirasi upaya konservasi hutan bakau yang lebih besar lagi di Indonesia sehingga kita dapat bersama-sama menyumbang dalam upaya menekan laju perubahan iklim,” tutup Warih.