IMG_0284

Sudah bukan rahasia lagi jika Toyota yang sejak 1971 hadir di Indonesia telah melakukan produksi besar-besaran di Tanah Air. Saat ini, dengan keberadaan pabrik mereka di Karawang dan Sunter, Toyota berhasil mencatat 90% volume penjualan Toyota di Indonesia merupakan produk dalam negeri.

Produk unggulan Toyota seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Etios Valco, dan Yaris saat ini memang semuanya memiliki kandungan lokal lebih dari 50% dan Pabrik Karawang I merupakan pemasok terbesar dengan kapasitas produksi mencapai 130.000 unit per tahun. Dengan catatan ini, tidak heran jika PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berani untuk mengekspor berbagai produksi yang telah mereka buat.

Sebut saja CBU (Complete Build Up) untuk berbagai merk seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush sampai Town Ace, CKD, komponen hingga mesin telah diekspor ke berbagai negara. Yap, Toyota memang telah memulai aktivitas ekspor perdananya sejak 1987 dengan produk jagoan Kijang Super atau Kijang Generasi ke-3.

Kendati masih dalam jumlah kecil yaitu sekitar 50 unit, saat itu Kijang secara perdana meluncur di pasar dunia dengan tujuan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik. Namun untuk saat ini, lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika dan Kepulauan Karibia menjadi daerah tujuan ekspor Toyota. Imbasnya, Toyota pun menjelma menjadi pengekspor mobil terbesar di Indonesia.

“Toyota Indonesia telah mengekspor lebih dari 33.000 unit kendaraan berbagai tipe pada kuartal pertama tahun 2014. Berdasarkan data Gaikindo, total volume ekspor kendaraan Indonesia kuartal pertama tahun 2013 adalah sebesar 44.645 unit. Ini artinya sekitar lebih dari 70% dari total volume ekspor kendaraan roda empat Indonesia disumbangkan oleh Toyota Indonesia,” ucap Warih Andang Tjahjono selaku Wakil Presiden Direktur TMMIN pada acara temu media yang diadakan di terminal kendaraan pertama dan terbesar di Indonesia di Tanjung Priok, Jakarta hari ini (6/5).

Dalam kesempatan ini, Toyota juga mengumumkan jika porsi terbesar Toyota disumbangkan oleh Fortuner sebanyak 11.996 unit, Kijang Innova 3.843 unit sedangkan Vios menjadi andalan baru untuk model ekspor Toyota. Kendaraan yang baru saja dilakukan selebrasi pengapalan perdananya di bulan Maret 2014 lalu ini telah mencatatkan ekspor sebesar 2.861 unit. Model lainnya yang juga diekspor untuk Avanza, Yaris, Rush dan Town Ace membukukan angka sebanyak 14.627 unit.