Toyota mengembangkan teknologi spion tanpa kaca di produk purwarupa Lexus ES yang akan meluncur tahun depan. Sebagai pengganti kaca, sebuah kamera kecil canggih disematkan di bagian pilar pintu yang disebut mirror-less.

Di bagian pilar dalam, sepasang layar di kiri dan kanan mengirim data visual bagian belakang mobil kepada pengemudi. Arah kamera pun bisa disetel sesuai kenyamanan pandangan yang diinginkan sang sopir. Bahkan saat malam atau di dalam terowongan pun tetap dapat melihat dengan nyaman, sehingga bagian belakang kendaraan dapat dilihat dengan jelas menggunakan teknologi elektronik canggih Toyota terbaru ini.

Kendati sistem ini terbilang canggih, namun investasi yang dilakukan Toyota untuk mengaplikasikan alat ini terbilang mahal. Harga mirror-less ini memang tidak murah yaitu 216.000 yen per satu set termasuk pajak dan dapat diinstall semua model terbaru yang dibuat Toyota.

“Harganya memang jadi tantangan bagi kami. Tetapi kalau diproduksi massal semua mobil pakai mirror-less ini maka akan bisa lebih rendah harganya dan sangat nyaman menggunakan mobil dengan teknologi yang aman ini,” ungkap Yoshihiro Sawa, Managing Direktur Toyota Motor Corporation.

Disebutkan, mobil baru bikinan Toyota yang mulai diproduksi kini akan menggunakan mirror-less tersebut sehingga semakin memudahkan sopir mengendarai mobilnya hanya dengan memonitor layar kecil dekat setir mobil.