Toyota Kijang sebagai sebuah produk kebanggaan dalam negeri, telah mencapai populasinya yang ke dua juta unit. Sejak pertama kali diluncurkan pada 1977 silam, Toyota Kijang telah berjasa membantu jutaan orang di berbagai dunia dari segala lapisan masyarakat.

Mobil yang pada masa pertama perakitannya dilakukan di bilangan Sunter ini juga telah mengisi jalanan mancanegara sejak mulai di eskpor medio 1990-an. Kini di produksinya yang ke dua juta unit, Toyota Kijang semakin mengukuhkan citranya sebagai mobil keluarga atau MPV buatan Indonesia yang melegenda.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam di Jakarta, Senin, mengatakan produksi ke-2 juta itu lahir dari pabrik Karawang 1, dengan tipe Kijang Innova V berwarna white pearl bertransmisi otomatis (A/T). Toyota Kijang Innova V tersebut untuk tujuan ekspor ke Saudi Arabia.

Ia menjelaskan selama ini Toyota Kijang yang telah memasuki generasi ke6, merupakan andalan TMMIN. Produksi mobil serbaguna (MPV) menengah itu menguasai 57 persen dari total produksi TMMIN yang kini telah mencapai lebih dari 3,5 juta unit.

“Produksi Toyota Kijang ke-2 juta itu tidak mungkin tercapai tanpa sinergi kuat dari hulu ke hilir, mulai dari para pemasok komponen hingga jaringan dealer,” kata Bob.