Toyota Astra Motor (TAM) kembali meluncurkan mobil baru di 2020 ini. Setelah Corolla Cross, kini TAM meluncurkan Hilux baru, kamis (27/8). New Hilux merupakan produk CBU (Completely Built Up) asal Thailand yang dijual di Indonesia.

Menurut S. Matsuda, Presiden Direktur PT TAM menyebutkan, peluncuran Hilux mendukung pebisnis dan komersial untuk membantu pergerakan perekonomian Indonesia yang sedang terkendala pandemi Covid-19. Sejak pertama kali dijual di Indonesia pada 1977, Hilux sudah dilego 116.426 unit dan TAM berharap model barunya bisa terus laku.

Hilux baru ini merupakan edisi facelift generasi ke-8 yang sudah dijual di Indonesia pada 2015. Selama lima tahun penantian, Hilux kini tampil lebih modern dengan berbagai perubahan teknis yang mendukung ketangguhan dan kenyamanan.

Sama seperti sebelumnya, Hilux di dalam negeri tetap ditawarkan dua tipe bodi, yakni single cabin (4×2 dan 4×4) serta double cabin yang hanya punya pilihan 4×4. Keduanya mendapatkan revisi wajah yang sama, memakai grill trapezoidal, serta ada perubahan pada bumper.

Varian double cabin tipe tertinggi dilengkapi lampu besar LED, lampu kabut LED, pelek 17 inci, monitor layar sentuh 4,2 inci, indikator ECO, seting ulang suspensi, Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal, dan Variable Flow Control Power Steering.

Menurut Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandi, fitur Variable Flow Control Power Steering membantu meningkatkan kemampuan efisiensi bahan bakar naik sekitar 5 persen.

Pilihan tipe 4×4 dibekali mesin seperti sebelumnya, 2GD-FTV 2.400 cc bertenaga 147,5 hp dan torsi 400 Nm. Tidak ada pilihan mesin 2.800 cc dengan 203 hp dan 500 Nm seperti yang ditawarkan di Thailand.

“Dengan berbagai improvement dan peningkatan baik eksterior maupun interior serta fitur safety yang kian lengkap membuat performa Hilux meningkat secara keseluruhan,” ucap Anton.