Malaysia kini punya Toyota Azanza baru dengan model crossover. Model ini hanya untuk pasar lokal negeri jiran yang dikembangkan oleh pemegang merek Toyota di Malaysia, UMW Toyota.

Varian yang dikenal dengan sebutan Toyota Avanza 1.5 X ini tampil lebih sportif daripada Toyota Avanza Veloz kelahiran PT Toyota Astra Motor (TAM) sekalipun di Indonesia. Meskipun Toyota Avanza tetaplah sebuah MPV, dengan perabot aerodinamika yang tersemat di body-nya jadi membuat tampilannya lebih macho bagai SUV.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Franciscus Soerjopranoto menyebutkan, Avanza 1.5 X merupakan hasil pengembangan yang dilakukan pabrikan Toyota di negeri jiran tersebut. “Itu local development Toyota di Malaysia. Tiap negara punya proyeksi sendiri untuk mengembangkan mobil,” ucap Soerjo panggilan akrabnya.

Di Malaysia sendiri, menurut pengamatan kami Toyota Avanza bukanlah sebuah MPV yang paling digemari oleh masyarakatnya. Produk mobil keluarga dari pabrikan berlambang tiga oval ini gaungnya masih terbilang kalah dengan mobil produksi lokal yang cukup punya kualitas bagus dengan harga terjangkau.