Setelah dua tahun sejak kemunculannya, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia melakukan penyegaran pada tampilan Toyota Yaris generasi kedua yang pertama diluncurkan 2014 silam. Selain penyegaran pada sisi tampilan, TAM juga menambah lini baru dari varian Yaris, yaitu New Yaris Heyker yang merupakan rancangan desainer lokal dari tim Product Planning Division, TAM.

New Yaris Heykers merupakan varian termahal dari hatchback andalan Toyota di Indonesia yang mengusung imbuhan body kit dan overfender agar tampilannya kian maskulin. Aplikasi perangkat suspensi racikan Toyota Racing Development (TRD) Indonesia pada New Yaris Heykers dan lingkar roda lebih besar membuat ground clearance-nya bertambah sekitar 35 mm. Sehingga membuatnya terlihat seperti sebuah Crossover.

Selain mengubah tampilannya jadi lebih agresif, TAM juga mempersenjatai semua lini New Yaris dengan sumber tenaga baru 2NR-FE 16 katup, dual VVT-I seperti yang digunakan pada Toyota All New Sienta dan saudara kandungnya New Vios. Bersama transmisi otomatik CVT yang melengserkan transmisi otomatik 4-percepatan sebelumnya, Toyota mengklaim New Yaris jadi lebih fun to drive karena lebih bertenaga namun efisien dalam urusan konsumsi bahan  bakar.

Sayangnya pada sisi interior, ubahan hanya terlihat minor sekali yakni pada bagian ventiasi penyejuk udara yang diberikan aksen warna silver pada bingkainya, serta Headunit layar sentuh terbaru berukuran 7 inci. Selebihnya, rancangan Yaris generasi kedua dari varian sebelumnya masih dipertahankan Toyota.

res-img_0154

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui menyebutkan sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond dari Toyota, New Yaris Heykers merupakan hasil kolaborasi karya anak bangsa yang teah disetujui oleh pihak prinsipal, Toyota Motor Corporation. Kehadiran Toyota Yaris terbaru ini diharapkan dapat memperkuat posisi penjualan PT Toyota Astra Motor di segmen hatchback.

Lebih lanjut Fukui mengungkapkan, “Dengan berbagai kelebihannya, menjadikan New Yaris Heykers sebagai hatchback yang modern, sporty sekaligus adventurous dan aman untuk dikendarai di berbagai kondisi jalan aspal Indonesia,” ungkapnya saat peluncuran, Kamis (3/11) di Jakarta.

Terdapat empat varian Toyota New Yaris dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatik CVT. Diantaranya tipe E, G, TRD Sportivo dan Heykers. Masing-masing dijual dengan rentang harga Rp 228,3 juta untuk varian termurah hingga Rp 277,3 juta untuk varian termahal.