Toyota sekali lagi mengkukuhkan diri sebagai pabrikan terbesar di dunia by volume setelah menjual lebih dari 10.23 juta kendaraan tahun lalu. Tahun 2014 menjadi tahun ketiga Toyota berturut-turut menguasai rangking penjualan global.

Senjata utama Toyota di Amerika Serikat adalah SUV, dimana permintaannya melonjak di 2014. Hal tersebut tentunya mendongkrak penjualan global pabrikan Jepang tersebut sebanyak 3 persen dibandingkan tahun lalu. Kini Toyota mengungguli Volkswagen (10,14 juta unit) dan General Motors (9,92 juta unit).
Selain Amerika Serikat, pabrikan otomotif tersebut juga mencatat kenaikan di Eropa, China dan Brazil.

Menatap ke depan, Toyota mengharapkan sebuah momentum untuk mengejar 2015 dengan mendongkrak penjualan. Maka tidak heran bila perushaan masih menahan diri untuk membangun pabrik baru.

“Fokus mereka bukan nomer.1,” jelas Peggy Furusaka, analis kredit kendaraan berbasis Tokyo, Moody’s Inverstor Service, seperti dilansir dari Bloomberg. “Toyota lebih peduli tentang mencetak laba disbanding mengejar angka. Jadi dalam beberapa tahun ke depan, saya tidak akan heran melihat Toyota menjual lebih sedikit mobil dibandingkan VW.”

Diprediksi, akan ada penurunan sebanyak 1 persen penjualan Toyota menjadi 10,15 juta kendaaan tahun ini. Meski begitu belum ada prediksi yang jelas dari kompetitor, VW dan GM, untuk tahun 2015.