Sepanjang penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung pada 7—17 April 2016, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil meraih 3 penghargaan dan penjualan kendaraan yang cukup signifikan.

Penghargaan pertama yang diraih TAM dari penyelenggara IIMS 2016 adalah Best Booth IIMS 2016 untuk kategori luas di atas 1.400 m2, dengan booth yang didesain dengan konsep “Unlock Your Playground”. Melalui booth ini, TAM menampilkan berbagai produk, teknologi, dan servis yang lebih fun & exciting, yang mewakili semangat dari Toyota Let’s Go Beyond.

Sementara itu, penghargaan kedua dari penyelenggara IIMS 2016 didapatkan melalui salah satu Toyota Pretty bernama Estherlita Corraima, yang berhasil meraih gelar sebagai Miss Motor Show 2016.

Adapun, kendaraan multi activity vehicle Toyota Sienta yang baru diluncurkan pada pembukaan IIMS 2016 berhasil menarik animo positif dari konsumen di tanah air. Pada ajang pameran ini, Toyota Sienta berhasil mendapat penghargaan sebagai Best Buy Car.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota berterima kasih atas apresiasi atas partisipasi Toyota pada IIMS 2016, khususnya untuk booth, Toyota Pretty, Toyota Sienta sebagai Best Buy Car.

TAM tidak semata mengandalkan IIMS 2016 sebagai ajang penjualan, namun ketertarikan konsumen untuk memiliki mobil Toyota melalui pameran ini cukup besar. Berdasarkan catatan SPK selama perhelatan IIMS 2016, di wilayah DKI Jakarta, tercatat 4.597 unit SPK kendaraan.

“Pada dasarnya, kami tidak menetapkan angka penjualan khusus selama IIMS 2016 karena yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana Toyota dapat memberikan edukasi dan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, baik mengenai produk, teknologi, maupun layanan yag dihadirkan selama ini,” ujar Henry.

Akan tetapi, sambung Henry, Toyota bersyukur bahwa selama penyelenggaraan IIMS 2016 Toyota membukukan SPK yang cukup baik, melalui berbagai produk andalan seperti Avanza, Kijang Innova, Fortuner, AGYA, Rush, serta produk andalan baru Sienta.

Toyota Avanza tercatat sebagai kontributor utama penjualan, dengan membukukan sekitar 33,7% dari total SPK. Kendati baru diperkenalkan kepada konsumen pada pembukaan pameran, Sienta mampu mencatatkan hasil yang baik, di mana Sienta membukukan angka penjualan terbesar kedua di bawah Avanza. Sienta berkontribusi sekitar 16,6% dari total SPK Toyota.

Selain kedua produk itu, Kijang Innova, Fortuner, dan AGYA menempati posisi 3—5 kontributor terbesar penjualan, di mana Kijang Innova berkontribusi sekitar 14,9%, Fortuner sebesar 10,7%, dan AGYA sebanyak 9,3% dari total SPK.

Kemudian, penjualan kedua terbesar berasal dari All New Sienta yang mencapai 764 unit atau sebesar 16,6% dari total pencapaian TAM. Sementara itu, penjualan ketiga terbesar berasal dari Kijang Innova yang mencapai 687 unit atau sekitar 14,9% dari total SPK.

Khusus untuk Sienta, Penjualan Toyota Sienta di IIMS 2016 ini, hampir setengah SPK Toyota Sienta didominasi oleh Type V. Selanjutnya diikuti oleh Type Q sebesar 37%, dan sisanya adalah Type G dan E.