toyota-ts040-5

Toyota TS040 hybrid Le Mans prototype sukses memenangkan FIA World Endurance Championship (WEC) yang digelar pada minggu ini. Meskipun tidak berada dalam tempat pertama di 24 Hours of Le Mans, Toyota sanggup mencapai poin penuh untuk menang mutlak di WEC baik dalam kategori manufaktur maupun pengendara.

Kemenangan ini menandai pencapaian pertama kalinya mobil hybrid sukses merajai seri kejuaraan. Tentunya hal ini mempertegas pernyataan pabrikan bila teknologi hybrid yang dipakai dalam balapan ini akan diturunkan dalam Prius generasi terbaru, namun pastinya tenaganya akan berada di bawah 1000 dk milik TS040.

Maka tim yang menangani mobil ini di medan balap akan dikirim lagi ke Jepang demi melakukan penggarapan terhadap versi produksi. Mereka akan menerapkan pengalaman mereka untuk menggarap mesin hybrid di Toyota City.

Sebelumnya, memang mobil no.8 yang dikendarai Anthony Davidson dan Sebastien Buemi  dijagokan memenangkan kejuaraan. Pasalnya sampai berakhirnya balapan Bahrain, nilai yang sudah dikumpulkan sudah tidak sanggup untuk dikejar. Meski begitu belum dapat dipastikan apakah Toyota juga turut memenangkan gelar parbikan ataupun tidak.

Untungnya, TS040 sanggup menyelesaikan balapan akhir di Sao Paolo dalam urutan kedua dan keempat. Poin tersebut cukup untuk mendorong tim Toyota melesat ke posisi puncak rangking pabrikan mengungguli rivalnya seperti Porsche, Nissan dan juara bertahan Audi.

Toyota sudah mengembangkan sistem hybrid dalam olahraga bermotor sejak tahun 2006. Kemenangana mereka pertama kali adalah dengan Toyota Supra hybrid di tahun 2007.