Toyota Yaris punya model baru untuk pasar Eropa. Namun tidak lama setelah peluncurannya, lagi-lagi Toyota menyebutkan sedang menyiapkan sebuah Yaris dengan model yang sedikit berbeda, yakni crossover.

Pasar di segmen ini memang sedang tumbuh secara masif di dunia. Oleh karenanya para pabrikan otomotif berlomba-lomba membuat mobil di segmen ini, termasuk Toyota.

Yaris dengan wujud crossover ini digadang-gadang akan menggunakan platform TNGA-B atau Toyota New Generation Architecture model B. Dari sketsa yang membanjiri dunia maya, Toyota Yaris crossover ini terlihat menggunakan basis yang sama dengan crossover Mazda CX-3, dimana kedua pabrikan tersebut telah sepakat untuk berkolaborasi dalam produksi awal tahun lalu.

Dari segi dimensi, diperkirakan Yaris crossover ini akan memiliki besaran yang sedikit lebih kecil dari Toyota C-HR, artinya memang setara dengan dimensi Mazda CX-3. Dilansir dari Motor 1, produksi baru Yaris crossover untuk pasar Eropa ini akan keluar dari jalur perakitan pada akhir 2020.

Menurut Matt Harrison, Vice President Toyota European Business, Toyota Yaris crossover ini bukanlah mobil yang dipasangi dengan sejumlah kosmetik tambahan beserta suspensi yang dinaikkan. Melainkan akan menggunakan platform baru yakni TNGA-B dengan konstruksi yang berbeda, SUV model B.