Menjelang pagelaran Frankfurt Motor Show 2015 yang tinggal menghitung hari, pabrikan mulai melansir penampakkan model-model yang hendak dijagokan. Salah satunya Toyota Eropa yang baru saja mengungkap wujud anyar hatchback andalan mereka, yaitu Yaris 2016. Dibanding pendahulunya, mobil yang populer secara global itu mengalami perubahan cukup luas.

Toyota Yaris 2016 membawa bahasa desain khas Eropa yang disuguhkan melalui dua kombinasi warna baru, yakni bodi berkelir Barcelona Red atau Crushed Ice dengan atap yang dibalut warna Black Sand Pearl.

Yaris 2016 berusaha merebut perhatian publik dengan sudut windshield yang lebih rendah. Adapula, overhang pendeknya membuat keempat roda terkesan lebih menyudut. Sementara itu, fascia anjungannya diisi oleh trim berwarna krom yang menjembatani kedua headlamp. Trim tersebut bersanding dengan grille berukuran cukup besar.

Bicara masalah desain, penampilan Yaris 2016 merupakan hasil kreasi studio Toyota ED2 yang berbasis di Perancis. Negara yang sama dengan tempat diproduksinya mobil bermesin empat silinder DOHC 1.5-liter VVT-i yang mampu menghasilkan output 106 hp pada 6.000 rpm dan torsi 103 lb.-ft di 4.200 rpm ini.

Jantung pacu yang dimaksud akan dikeliling oleh struktur bodi yang kuat dan pengaturan suspensi mumpuni. Pengalaman mengemudi yang sporty dihadirkan oleh pengaplikasian konsep aerodinamic wind-cheating. Semisal, yang terwujud pada bentuk side mirror baru guna memangkas hambatan saat melakukan drag dan mengurangi kebisingan dari angin.

Toyota tampak serius untuk urusan kekedapan Yaris 2016. Mereka menggunakan acoustic glasspada windshield dan sound absorbing pada sekeliling bodi model yang akan tesedia dalam tiga varian tersebut (L, LE, dan SE).

Upaya peredaman kebisingan juga merambah sampai bagian bawah dengan penggunaan rocker panel protectorasphalt sheet pada lantai, dan silencer di floor tunnel. Dan yang tak kalah penting ialah penyematan peredam bermaterial busa yang disisipkan antara rongga bodi.