Toyota bakal punya hatchback mungil yang paling bertenaga dikelasnya. Esok hari, Rabu (16/1) pabrikan berlambang tiga oval tersebut akan merilis Toyota GR Yaris di Jepang.

Toyota GR Yaris merupakan sebuah hatchback berbasis Toyota Yaris generasi terbaru dengan rangka TNGA (Toyota New Global Architecture) yang punya DNA motorsport. Toyota Yaris, seperti kita tahu merupakan salah satu besutan yang terhomologasi dalam reli dunia atau World Rally Championship (WRC).

Pengembangan GR Yaris dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing World Rally Team, yang menggabungkan kendaraan nyaman untuk digunakan sehari-hari tapi kompetitif di ajang WRC. Sehingga spesifikasi mesin, transmisi, rem dan suspensi paling mendekati mobil WRC.

Dibalik kap mesinnya, Toyota GR Yaris menyimpan sumber pacu 3 silinder 1.6 liter dengan induksi turbocharger bertenaga 270 ps dan torsi 360 Nm. Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Untuk menempuh 100 km/jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik.

Kemampuan tersebut tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu. Adapun bagian atas Toyota GR Yaris dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.