Toyota Motorsport GmBH mengumumkan perihal kembalinya Toyota ke kancah dunia rally. Yes! Toyota akan kembali ikut di World Rally Championship (WRC) pada tahun 2017 mendatang. FYI, terahir Toyota ikut WRC pada 1999, jadi sudah absen selama 18 tahun.
upcoming-toyota-yaris-wrc-might-look-like-this_1
Sebagai senjata Toyota di WRCnanti, Toyota Yaris sudah dipersiapkan sejak sekarang dan sudah menjalani beberapa kali pengujian. Mesinnya bensin inline-four-turbocharged dengan kapasitas mesin 1.6L. Mesin ini mampu menghasilkan power 300 Hp di 6.000 rpm dan torsi 420 Nm di 8.500 rpm.
upcoming-toyota-yaris-wrc-might-look-like-this_2
Untuk transmisinya akan digunakan transmisi sequential 6-speed sebagai penerus daya ke roda belakang. Untuk velgnya dipakai velg dari OZ Racing diameter 17 inci untuk trek gravel dan 18 inci untuk trek tarmac. Bannya mengunakan ban dari Michelin.
upcoming-toyota-yaris-wrc-might-look-like-this_3
Dimensi Yaris WRC ini panjangnya 3.910 mm dan lebar 1.820 mm. Sebagai piranti remnya pakai disc brake ukuran 300 mm untuk gravel dan 335 mm untuk tarmac. Mobil ini sudah di tes oleh 3 orang yaitu Eric Camili, Stephane Sarrazin, dan Sebastian Lindholm. Namun belum ada kepastian siapa pembalap yang akan dipilih oleh Toyota untuk turun di WRC nanti.