Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 yang dibuka oleh Ketua Dewan Pembina IDE, Letjen (Purn) Soeyono telah berakhir. Selama dua hari penyelenggaraan (29-30/10) pameran diecast terbesar di Indonesia ini, berhasil mendatangkan 11.882 pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp. 3 milyar.

Dibandingkan dua gelaran IDE sebelumnya, jumlah pengunjung anak-anak tahun ini membludak. Pasalnya pihak penyelenggara sengaja menambahkan beberapa venue untuk mengakomodir kepentingan mereka.

“Oleh karena itu, pada IDE kali ini kami melakukan beberapa penyesuaian untuk mengakomodir kepentingan pengunjung dari kalangan anak-anak, diantaranya menambah area bermain dan kompetisi balap diecast untuk anak-anak“ ujar Ketua Penyelenggara, Arya Lembana. Selain itu, pada IDE 2016 ini terdapat diorama kereta api berukuran 3 x 10 meter yang sengaja ditampilkan untuk menghibur anak-anak.

Salah satu menu wajib yang telah diselenggarakan sejak tahun-tahun sebelumnya adalah lelang diecast yang merupakan hasil donasi dari kolektor dan komunitas peserta pameran serta sumbangan dari panitia bertema Nusantara serta satu official event car. Sebanyak tiga diecast custom yang dilelang di hari pertama berhasil membukukan angka Rp 13,520 juta.

Sedangkan satu unit Mini Cooper skala 1:64 dengan nomor seri 01 yang menjadi official event car berhasil laku hingga Rp 8,5 juta di hari kedua. Nilai tersebut memecahkan rekor lelang satu unit diecast skala 1:64 dalam sejarah penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo yang dipegang oleh Impala Nusantara yang terjual 7.2 juta tahun lalu.