Menurut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ini adalah versi pengembangan dan penyempurnaan dari Xpander model sebelumnya yang dirilis pada 2017 lalu. New Xpander dan Xpander Cross model terbaru, mendapatkan berbagai ubahan yang berasal dari masukan para konsumen Mitsubishi  Motors pemilik Xpander generasi awal.

Ubahan paling signifikan adalah lengsernya transmisi otomatik konvensional 4-percepatan yang berganti menjadi transmisi sabuk baja, CVT. Selain transmisi, MMKSI juga memperbarui sektor suspensi New Xpander agar lebih tangguh dan memberikan kenyamanan di berbagai medan jalan.

Pada sektor transmisi, Mitsubishi Motors membekalinya dengan transmisi CVT baru yang disandingkan mesin lama 1.5 liter Mivec DOHC 16 valve. Mesin dengan sertifikasi emisi Euro 4 ini memiliki tenaga 105 Ps dan torsi 141 Nm.

Ada alasan khusus mengapa New Xpander kini menggunakan transmisi CVT. Menurut Mitsubishi Motors dalam siaran pers resminya, transmisi baru ini tetap memiliki ketajaman akselerasi seperti halnya transmisi otomatik 8-percepatan namun dapat menekan jumlah konsumsi bahan bakar karena berada di rentang putaran yang rendah, kerapatan jeda putaran mesin serta minimnya sentakan saat berakselerasi.

Sementara itu di sektor suspensi seperti yang kerap dikeluhkan oleh konsumen Xpander sebelumnya, Sepertinya tidak akan terjadi lagi pada model facelift kali ini. Sebab pada New Xpander, sektor kaki-kaki mendapat rombakan serius, dengan peningkatan kualitas per, bushing suspensi dan shock absorber baru.

Menurut Mitsubishi Motors, tuning pada suspensi New Xpander menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk berkendara di jalan kasar dan halus serta memiliki ground clearance yang lebih tinggi 15 mm ketimbang model sebelumnya. Apalagi kini peleknya menggunakan lingkar 17 inci denganban 205/55. Mestinya lebih empuk walaupun terlihat lebih tinggi.

Semoga seluruh usaha Mitsubishi Motors dalam mengembangkan dan menyempurnakan New Xpander dan New Xpander Cross berbuah hasil yang manis dengan dapat diterimanya mobil ini oleh konsumen baru serta kedepannya minim keluhan seperti pada model sebelumnya.