Volvo-FH-VOR-editie_lowres

Di iklan Volvo Trucks yang  terbaru, The Casino, seorang petugas valet parking yang terkejut tampak menerima kunci dari sebuah seri Volvo FH terbaru. Hal yang tak diketahui-nya adalah truk tersebut punya karakter bak sports car, berkat teknologi transmisi terbaru dan pertama di dunia dari Volvo yaitu, I-Shift Dual Clutch.

Dan, yup, sama seperti teknologi yang ada di kebanyakan mobil sport lain, I-Shift  Dual Clutch tersebut memiliki cengkeraman ganda, dengan artian, bahwa truk tak bakal sedikit-pun kehilangan kecepatan atau torsi saat melakukan pergantian gigi di jalan.

“Untuk truk, transmisi kopling ganda ini adalah sebuah kemajuan besar, menawarkan pengalaman mengemudi yang lebih halus dan lebih mudah. Semakin berat tugas transportasi, semakin sulit rute dan lebih banyak pergantian kopling, semakin besar manfaat yang Anda peroleh dari I-Shift Dual Clutch,” kata Astrid Drewsen, Product Manager Drivelines di Volvo Trucks.

Teknologi I-Shift Dual Clutch yang pertama kali diluncurkan Juni lalu, di Eropa merupakan pengembangan lebih lanjut dari I-Shift dan dapat digambarkan sebagai dua gearbox paralel-yang saling terhubung. Ketika salah satu kopling sedang aktif, kopling berikut-nya akan segera dipilih digearbox lain-nya. Nah…, selama perpindahan kopling berlangsung, kopling pertama dilepas tepat di saat yang sama ketika kopling kedua dipindahkan, sehingga perpindahan kopling bakal berlangsung tanpa gangguan terhadap kecepatan yang dihasilkan.

Informasi terakhir ‘berteriak’ bahwa teknologi terbaru tersebut sudah ada di semua pasar yang menjual Volvo FH dengan mesin Euro 6 D13 bertenaga 460, 500 atau 540Hpmulai bulan lalu.