2016 dianggap sebagai tahun yang membanggakan  bagi BMW. Selain secara umum BMW genap berusia satu abad sejak keberadaannya pada 1916 silam, pabrikan berlambang baling-baling tersebut juga meraih hingga 50 penghargaan nasional dan internasional.

Semua jenis kendaraan  BMW yang masuk sebagai nominasi pemenang dalam beragam kategori, memiliki rekam jejak yang sempurna untuk hadir sebagai pemenang. Ragam penghargaan tersebut tidak hanya merefleksikan kualitas tinggi dari kendaraan BMW, namun juga desain, inovasi, konektivitas, teknologi dan juga prinsip pengembangan berkelanjutan.

Pengahargaan ini datang dari berbagai instansi profesional berbeda latar belakang di bidangnya.Mulai dari jurnalis dan para pembaca media otomotif, sampai para ahli di bidang IT, bisnis, lingkungan, dan desain.

bmw-730-li-ckd

BMW Seri 7 berhasil melanjutkan kesuksesan di 2016  lewat ragam penghargaan secara nasional dan internasional, seperti “World Luxury Car” bagian dari “World Car Awards”. Para ahli independen pun mengakui kekuatan teknologi inovatif yang dihadirkan pada mobil mewah ini. “CarIT”, sebuah media informasi untuk para pengambil keputusan di bidang mobilitas terhubung, bekerja sama dengan Pusat Manajemen Otomotif (CAM) dan juga Auto Bild Indonesia memutuskan opsi display key di all-new BMW Seri 7 sebagai terobosan teknologi terdepan di industri otomotif.

Selain itu all-new BMW Seri 7  juga memenangkan dua titel dari gelaran “Automotive Innovations Award”, sebuah malam penghargaan inisiasi CAM dan perusahaan akuntan publik dan audit, PricewaterhouseCoopers (PwC). All-new BMW Seri 7  juga berhasil mengamankan gelar “Most Innovative Model 2016”, selain itu mesin yang digunakan di berbagai line-up juga menerima penghargaan untuk mesin konvensional yang paling inovatif.

Di Austria, klub mobil ÖAMTC memberikan titel “Marcus” kepada all-new BMW Seri 7 yang berarti mobil paling aman di segmen luxury-sedan. Sementara di Jerman all-new BMW Seri 7 ditetapkan sebagai company car of the year (Dekra), company vehicle of the year (“Handelsblatt”), “Top Performer” (“Autoflotte”) dan mobil terbaik “Best Car” di segmen luxury-sedan. Dalam “Car Connectivity Award” program yang diinisiasi oleh “Motorpresse Stuttgart” dan majalah komputer global “CHIP”, para pembaca media tersebut menobatkan BMW Seri 7 sebagai mobil dengan fitur konektivitas terbaik.

BMW i8

Setelah kemenangan menyeluruh dan kemenangan di dua kelas kategori tahun lalu, mesin BMW i8 kembali raih “International Engine of the Year Award” untuk kedua kalinya serta raih kemenangan berkelas di kategori mesin berkapasitas antara 1,4 dan 1,8 liter. The “Times of India” menobatkan mobil sport hybrid ini sebagai “Technology of the Year”, sementara di Jerman BMW i8 sekali lagi dinobatkan sebagi pemenang dalam kategori “All-Wheel Drive Hybrid Cars” oleh pembaca majalah Auto Bild.

Voting yang dilakukan oleh pembaca “Auto Bild” membuktikan kesuksesan BMW M2 Coupé. Di Jerman dalam kategori “Compact Car Series”, mobil sport performa tinggi dengan mesin 6-silinder segaris berkapasitas 3.0 liter dan output 370 hp berhasil raih penghargaan “Sports Car of the Year”, di Indonesia kendaraan ini memperoleh penghargaan “Performance Car of the Year”.

Voting yang dilakukan pembaca majalah otomotif “Sport Auto” juga memilih pendatang baru dari BMW M GmbH ini untuk penghargaan yang sama. Selain BMW M2 Coupé, BMW M3, BMW M235i Coupe, BMW M235i dan juga BMW 340i Convertible Sedan menang dalam empat kategori lainnya.

BMW 2 series

Ini menunjukkan bahwa dari seluruh manufaktur kendaraan, BMW menangkan penghargaan terbanyak di ajang “Sport Auto Award 2016”. Ditambah pencapaian BMW M2 Coupe di Jepang yang terpilih sebagai “Car of the Year” serta mendapatkan tiga penghargaan bergengsi di bidang desain – “iF Design Award”, “Good Design Award” dan “Autonis”.

BMW juga meraih sukses di malam penghargaan pilihan pembaca “auto motor und sport”. Tiga kendaraan BMW raih predikat Best Car 2016 di setiap kategori; all-new BMW Seri 7 pada “Luxury Performance Segment”, BMW Seri 5 di kelas “Upper Mid-Range” dan all-new BMW X1 pada segmen “Compact SUVs”.

Hal yang paling menarik adalah tepat sebelum diluncurkannya generasi terbaru, BMW Seri 5 hadir sebagai kendaraan terbaik di kelasnya selama 6 kali berturut-turut. Selain itu, walaupun baru akan diluncurkan pertengahan tahun 2017, review awal dari all-new BMW Seri 5 terbaru telah menobatkan fitur kendaraan ini dengan konektivitas terbaik.

bmw-x5-edrive-concept-goes-for-a-stroll-in-paris_1

Di Jerman “Auto Bild” dan “Computer Bild” memilih kendaraan ini sebagai “Connected Car 2016”. Pembaca “Handelsblatt” juga memilih BMW X5 sebagai “Company Car of the Year” pada kategori “Off-Road Cars”. Media bisnis tersebut mengajak 250 fleet manajer untuk mencoba berbagai kendaraan, dan selain BMW X5 kembali all-new BMW Seri 7 juga hadir sebagai pilihan utama bagi para ahli di bidang manajemen fleet tersebut.

Kekuatan kendaraan BMW dengan menujukkan ketahanan nilai yang baik direfleksikan dengan penghargaan “Value Master 2016” yang diberikan “Auto Bild” Jerman dan juga lembaga independen dari institute Schwacke. BMW Gran Tourer mendapatkan nilai tertinggi untuk kategori “Compact Vans” dengan nilai depresiasi terbaik, sedangkan di Indonesia kendaraan ini juga dinobatkan sebagai “Medium Luxury MPV of the Year” oleh Auto Bild Indonesia.