Layaknya mobil penumpang, kendaraan niaga pun kini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sarat teknologi canggih. Salah satunya aplikasi data telemetri seperti yang terdapat di UD Trucks Quester keluaran terbaru yang disebut UD Trucks Telematics.

Fitur ini merupakan sebuah sistem komunikasi nirkabel berteknologi tinggi yang dirancang untuk membantu operasi armada angkutan yang lebih menguntungkan dan efisien. Dengan terkoneksi langsung dengan sistem Electronic Control Unit (ECU) pada Quester, seluruh data perjalanan yang akurat dengan mudah terekam dan dapat dibaca melalui jaringan internet.

UD Trucks Telematics yang juga terhubung dengan satelit Global Positioning System (GPS) mampu membaca lokasi unit dimanapun berada, data kecepatan aktual dan rata-rata, data konsumsi bahan bakar dan kapasitas tanki solar serta gaya berkendara sopir.

res-img_0176

Dengan adanya fitur ini, para pengusaha pun dapat menjalankan bisnisnya lebih efisien dan dapat meraup profit lebih besar. Pasalnya seluruh biaya perjalanan terutama bahan bakar, dapat dikendalikan perusahaan serta mengeliminir kejadian para sopir ‘bandel’ yang melakukan kecurangan selama perjalanan.

Meskipun bersifat optional atau dijual terpisah, namun perangkat yang turut terhubung dengan layar Multi Information Display (MID) pada UD Trucks Quester sudah terpasang sebagai bawaan standard. Hanya saja untuk mengaktifkannya, konsumen akan dikenakan biaya sebesar Rp 3,3 juta setahun untuk per unitnya.

Biaya yang sangat terjangkau untuk sebuah armada unit berharga miliaran rupiah tersebut secara garis besar akan membantu jalannya para pebisnis di bidang transportasi, logistik dan pertambangan yang lebih menguntungkan dan aman sepanjang perjalanan.