Menggandeng grup Astra International lewat PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor, PT UD Trucks Indonesia kini memiliki pabrik perakitan untuk varian Quester di Indonesia. Pabrik yang berdiri diatas lahan seluas 12.000 meter persegi tersebut, diresmikan hari ini, Selasa (18/10).

Sejak diakuisisi oleh Volvo Group pada 2007 silam, UD Trucks yang dahulu dikenal dengan Nissan Diesel ini terus mengembangkan produk kelas Heavy Duty-nya untuk pasar Indonesia. UD Trucks Quester sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2013 lalu, lewat perhelatan Indonesian Mining Expo.

res-img_2870

Sebagai negara berkembang, Indonesia merupakan pasar yang cukup basah bagi pemain di kelas tersebut dengan banyaknya pembangunan infrasturktur di sektor konstruksi, pertambangan, logistik dan transportasi jarak jauh. Indonesia sendiri menjadi salah satu pasar paling penting bagi Volvo Group yang menyumbang pendapatannya lewat UD Trucks.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia, Valery Mulyard menyebutkan pembukaan fasilitas ini merupakan upaya berkelanjutan UD Trucks terhadap komitmennya di Indonesia. Penetrasi UD Trucks yang sangat kuat di Indonesia, merupakan peranan penting bagi Volvo Group Asia untuk terus bertumbuh.

Lebih lanjut Valery menambahkan, Quester merupakan truk kelas berat Jepang yang mengusung modernisasi performa, kapasitas muatan lebih banyak dan daya tahan tinggi sebagai penunjang transportasi. Dengan melakukan perakitan secara lokal di Indonesia, harapannya konsumen akan semakin mudah menjangkau Quester untuk andalan bisnisnya.

Pabrik dengan nilai investasi USD 3 juta ini memiliki kelengkapan sesuai standard Volvo Group. Dengan 200 teknisi terlatih dan tersertifikasi UD Trucks, dalam sebulan pabrik perakitan ini dapat memproduksi Quester sebanyak 200  unit dengan berbagai tipe.