Pameran otomotif menjadi momentum bagi sebuah pabrikan dalam memperkenalkan inovasi baru yang dimilikinya. Di Las Vegas, AS, saat ini sedang ada pameran Consumer Eletronic Show (CES) yang digelar pada 9-12 Januari 2018 mendatang, disana ada skuter listrik berlabel Ujet yang ringkas karena bisa dilipat.

Ujet dirancang dengan material berbahan serat karbon yang digabung dengan bahan alloy di beberapa bagian. Alhasil skuter listrik buatan Luxemburg tersebut punya bobot yang ringan, sehingga mudah untuk ditenteng layaknya sepeda lipat.

Di roda belakangnya, Ujet punya motor listrik bertenaga 4kW dan torsi sebesar 90Nm. Skuter listrik lipat ini diklaim mampu berjalan sejauh 70 – 150km saat kondisi baterai terisi penuh.

Uniknya, baterai yang satu rangkaian dengan joknya itu bisa dilepas saat dicharge atau saat transport. Desain uniknya itu tidak sampai di situ, penampilannya pun unik dengan rangka asimetris, dengan titik engsel lipat di tengah.

Ujet juga punya keunikan lain. Skuter ini punya konstruksi roda yang tidak berputar pada sebuah as roda melainkan pada eksternal bushing. Seolah skuter tidak memiliki hub. Tentunya sistem rem pun mengikuti desain itu, sehingga rem cakramnya bermodel perimeter dengan internal kaliper.

Skuter ringkas ini juga diklaim sebagai sebuah moda transportasi yang smart dengan berbagai macam konektivitas yang dimiliki. Seperti internet 3G, GPS, WiFi dan Bluetooth, sehingga setting atau diagnosa mekanikal skuter bisa melalui smartphone beraplikasi. Tidak ketinggalan power outlet untuk charging gadget pemiliknya.

Ujet yang diproduksi mulai akhir 2017, baru akan dipasarkan di Eropa dengan harga mulai sekitar Rp 140 jutaan. Dengan pilihan warna: Concorde White, SoHo Grey, Piccadilly Blue, Uptown Black, Bel Air Blue dan Shibuya Gold.