Terlahir dengan basis sebuah SUV, Chevrolet Trailblazer dan Chevrolet Colorado dirancang untuk memiliki kemampuan melibas segala medan jalan, termasuk genangan air. Untuk membuktikan kemampuannya, Chevrolet menguji kedua mobil ini di genangan air buatan.

Untuk mempersiapkan SUV premium dan pick-up truck ikonik Chevrolet ini menghadapi kondisi jalan yang tergenang, para engineer General Motors telah melakukan uji validasi yang melibatkan kondisi intrusi air ekstrim, dengan menggunakan semburan air serta simulasi banjir.

Dengan model rangka tinggi (sasis tangga), Trailblazer dan Colorado tetap dapat berjalan tanpa hambatan hingga kedalaman air sampai dengan 800mm. Untuk mempertahankan performa kendaraan, pemeriksaan agar dilakukan segera setelah melalui genangan air yang dalam.

Universal water test booth milik GM mampu menentukan ketahanan jangka panjang dengan menggunakan 330 titik semburan untuk menyemprotkan 3.123 liter air per menit dari bagian bawah, samping, dan atas. Hal tersebut guna menguji kekuatan segel pintu dan jendela kendaraan untuk memastikan tidak ada kebocoran air ke dalam kabin saat hujan badai parah atau kondisi basah lainnya.

GM menggunakan cekungan sepanjang 15 meter untuk simulasi berkendara secara perlahan saat melalui genangan air, seperti penyeberangan sungai saat perjalanan berkemah, dimanaintrusi air berisiko terhadap transmisi dan komponen powertrain seperti saluran gas buang.

“Setiap orang berharap dapat sampai tujuan dengan selamat, terlepas dari apapun yang terjadi selama perjalanan. Bagi pengguna SUV dan pickup truck, hujan lebat dan  jalan yang tergenang dapat menjadi tantangan tersendiri, namun berbagai fitur yang dimilikinya dapat berperan dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara,” tutur Chatchawan Cantaket, General Director of Product Engineering, GM Southeast Asia.

“Pemilik  Trailblazer dan Chevrolet Colorado, tak perlu khawatir akan performa kendaraan mereka, bahkan dalam kondisi ekstrim, dengan fitur serta spesifikasi yang disematkan dalam kendaraan ikonis Chevrolet tersebut.,” tambah Chatchawan.