Volkswagen memang terlahir sebagai mobil rakyat, yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Durabilitas merupakan kunci utama Volkswagen agar produknya dapat digunakan sepanjang masa.

Di Indonesia, pemasaran dan pemeliharaan kendaraan merek Volkswagen secara resmi dikelola oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM). Urusan durabilitas dan layanan pasca penjualan, GMM telah menyiapkan strategi khusus agar konsumen Volkswagen tetap merasa aman menggunakan kendaraan merek Jerman tersebut tanpa kendala.

Seperti ketersediaan spare part atau komponen pengganti misalnya, menurut Adi Setiadi, After Sales Director PT Garuda Mataram Motor, pihaknya menjamin ketersediaan spare part hingga 15 tahun dari masa akhir produksi model tersebut di Indonesia. Misalnya, bila Anda pemilik Volkswagen Golf model generasi keempat yang rilis 1997 – 2003, maka saat ini bengkel resmi Volkswagen di Indonesia dijamin masih menyediakan onderdilnya.

Masih menurut Adi, kalaupun masanya sudah lewat dan ketersediaan komponennya tidak ada, pihaknya dapat melakukan order spare part ke negara-negara produsen komponen. Semisal Mexico, Brazil, Argentina, Cina, India dan Malaysia.

Keseriusan pihak PT Garuda Mataram Motor untuk membesarkan nama Volkswagen di tanah air pun patut diacungi dua jempol. Pasalnya mereka terus berkomitmen untuk bisa merakit produk-produknya secara lokal untuk mereduksi harga jualnya dan menyesuaikan spesifikasi produknya untuk negeri beriklim tropis.