Juara bertahan Mercedes AMG Petronas F1 Team resmi mengumumkan pembalap pengganti Nico Rosberg untuk musim balap 2017. Pembalap asal Finlandia, Valtteri Bottas terpilih untuk berdampingan dengan Lewis Hamilton.

Bottas telah diikat dengan sebuah lembaran kontrak oleh Mercedes AMG Petronas F1 Team selama satu musim hingga balap 2017 berakhir.  Bersama Hamilton, Bottas akan membesut mobil Formula 1 Mercedes W08 Hybrid untuk mempertahankan titel juara konstruktor dan berjuang untuk dirinya meraih gelar juara dunia tahun ini.

Banyak yang meragukan kemampuan Bottas mampu menyaingi Hamilton. Namun tak sedikit juga yang berkomentar pembalap kelahiran 28 Agustus 1989 tersebut malah menjadi rival baru Hamilton.

“Tentu ini sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, dapat membalap di tim yang penuh dengan sejarah – terutama dengan pencapaian di beberapa tahun terakhir ini, yang benar-benar impresif. Saya bangga bisa menjadi bagian dari sejarah tersebut dan saya sangat berterima kasih kepada semua orang di Mercedes yang mempercayai kemampuan saya dan memberikan kesempatan ini,” jelas Bottas seperti yang dilansir dari laman Motorsport.

Sebelumnya Bottas terlihat telah melakukan sesi seat fitting di mobil Mercedes AMG W08 di markas besar tim tersebut di Brackley, Inggris akhir tahun lalu.

Menjadi pembalap tester tim Williams menjadi awal karir pembuka Bottas berlaga di balap jet darat. Sejak 2013, Bottas resmi terdaftar menjadi pembalap utama tim balap milik Frank Williams tersebut hingga musim 2016 berakhir.

Bottas bisa dibilang juga tak asing lagi dengan karakter sumber pacu lansiran Mercedes. Pasalnya selama di Williams-Mercedes Martini Racing tahun lalu, mobil jet darat bersasis Williams FW38 juga menggunakan mesin serupa dengan Mercedes AMG Petronas F1 Team yaitu Mercedes PU106C Hybrid.