Ada beberapa langkah membuat kabin kendaraan tetap sehat, meski kendaraan yang digunakan merupakan mobil besutan harian dengan jarak tempuh yang tinggi. Sebuah survey yang pernah dilakukan oleh Boston Consulting Group, pengemudi mobil di Jakarta menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 31.680 menit atau sekitar 22 hari setiap tahun di dalam kendaraan mereka.

Banyaknya waktu yang dihabiskan didalam kabin kendaraan, membuat kebersihan kabin memiliki peran aktif bagi kesehatan pengemudi kendaraan. Apalagi sejak epidemi COVID-19 atau wabah virus Corona mulai merebak di Indonesia, kebersihan kabin kendaraan mendapat tingkat perhatian yang luar biasa tinggi dari masyarakat.

Mencegah kabin kendaraan dari sarang kotoran yang dapat menimbulkan virus serta bakteri jahat menjadi perhatian khusus bagi Vertue Concept, sebuah gerai modifikasi interior yang bermarkas di Jl. Danau Sunter Utara J12 No.6 Jakarta Utara, dengan meluncurkan layanan Vertue Clean. Layanan Vertue Clean merupakan proses membasmi bakteri dan jamur dengan cara pengasapan atau fogging menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kabin dari kotoran kasat mata yang menimbulkan bau tak sedap.

Sistem perawatan Vertue Clean seharga Rp 450 ribu per mobil ini diklaim dapat mengurangi aktivitas bakteri dan jamur, menghilangkan penumpukan koloni bakteri, mengurangi bau tidak sedap di dalam mobil, serta mampu mengurangi penyebaran virus Influenza (HFMD, H1N1, SARS).

Cara kerjanya, mesin Fogging BT-828 Ultrafine Mist bekerja selama 15 menit dengan menghasilkan asap yang akan menyebar ke seluruh kabin mobil melalui sistem pendingin udara (AC). Asap yang berasal dari cairan Ultra Mist Liquid by Bactakleen (Waterbased) telah lulus uji FDA Approved, kandungan anti bacterial dan antiviral yang terkandung di dalamnya efektif membunuh virus dan kuman serta aman bagi siapa pun terutama anak kecil.

FDA Approved (Food and Drug Administration) merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang bertugas mengatur makanan, suplemen makanan, obat-obatan produk biofarmasi, transfusi darah, peranti medis, peranti untuk terapi dengan radiasi, produk kedokteran hewan, dan kosmetik di Amerika Serikat.

Cairan fogging ini juga telah di tes dan lulus uji melalui Chemistry Laboratorium (CHEMLAB), Institut Penelitian Industri dan Standar Malaysia (SIRIM), Asosiasi Inspeksi Teknis asal Jerman (TUV), serta perusahaan multinasional asal Swiss yang menyediakan layanan pengujian dan sertifikasi (SGS).

Jadi apabila memang tidak sengaja terhirup sesaat setelah pengaplikasian di kabin kendaraan, tetap aman bagi pengendara dan penumpang.