Merek motor asal Amerika, Victory Motorcycles, baru-baru ini meluncurkan cruiser terbarunya yaitu Victory Octane. Produsen melabeli produknya itu sebagai ‘modern American muscle bike’ lantaran menggunakan formula : mesin besar, rangka ringan, dan hanya memiliki secuil fitur kenyamanan. Komposisi yang juga bisa ditemui pada muscle car Negeri Paman Sam.
Kelahiran Victory Octane tak lepas dari keikutsertaan Victory Motorcycles pada event ‘Pikes Peak International Hill Climb’. Saat itu mereka turut serta dengan motor purna rupa Project 156 yang mesinnya menjadi cikal bakal jantung pacu produk baru ini. Mesin short-stroke Victory Octane membuatnya punya karakteristik berbeda dengan cruiser Amerika umumnya. Dikatakan, mesin Victory Octane responsif dan bekerja sempurna pada putaran tinggi sehingga lebih mirip motor sport.
Lebih detail mengenai mesin Victory Octane, dapur pacunya bertipe V-twin dengan kapasitas 1.200cc. Perangkat pendingin-cairan yang tersemat di motor ini menjadi terobosan baru bagi jajaran produk Victory Motorcycle. Dengan dual overhead camshaft serta four-valve head, mesinnya bisa meraung melampaui 8.000 rpm dan menghasilkan daya sebesar 104 tenaga kuda dan torsi 76 pound feet.
Angka-angka itu mengindikasikan kalau Victory Octane merupakan motor paling bertenaga yang pernah lahir dari salah satu merek asuhan Polaris Industries ini. Terlebih, motor ini memiliki bobot hanya 524 pounds atau sekitar 238 kg. Tak aneh jika jarak 201 m bisa ditempuhnya dalam 12 detik dan meluncur sedari diam hingga 100 km perjam hanya dalam hitungan 4 detik.