“Motor ini tidak ingin mati,” begitulah kira-kira yang diucapkan Niklas Frisk kala menyaksikan sendiri proses pencairan sebuah Victory V92 TC dari bongkahan es. Marketing Development Specialist Motorcycles EMEA Distributor ini telah menjadi saksi sebuah revival, atau proses kehidupan kembali dari sebuah ikon sejarah, yang sudah membeku selama bertahun-tahun lamanya dalam sebuah pigura kaca nan dingin.

Dataran Swedia di depan ice Hotel Sweden telah menjadi saksi bisu bagaimana sebuah motor asal Amerika mematung diam dalam sebuah figura kaca selama empat tahun lamanya. Ya, figura kaca itu adalah bongkahan es solid yang memaku sang motor keluaran 2002 ini karena sebuah selebrasi. Alasannya sederhana didasari kepentingan ekonomi, sang hotel sudah membeli 15 armada Voctory untuk digunakan sebagai rental kepada para tamunya.

Nasibnya memang sudah keras sejak awal. Victory V92 TC yang dibekukan itu sebelumnya motor tes di fasilitas R7D di Polaris, USA. Jarak yang ditempuhnya bukan main-main, 300 ribu kilometer jauhnya! Bahkan katanya motor tersebut sudah pernah dibawa ke Victory Eropa demi mengajarkan kepada para mekanik baru di sana

Meski begitu sang legenda ini masih tetap menunjukan tajinya. Alih-alih melempem, cruiser ini malah mengaum begitu mencair. Tentunya dibutuhkan perbaikan minor yang dipasrahkan kepada Stonetown Custom. Sebuah bengkel moge di Swedia untuk menghidupkannya kembali.

“Saya tidak pernah meragukan kualitas Victory Motorcycles. Kami banyak menjualnya dan belum ada masalah tentang itu. Namun dengan siksaan seperti ini dengan es dan air sekian lamanya ini adalah sebuah keajaiban,” papar Andreas Sedin, pemilik dan CEO dari Stonehouse Custom.

Ya, Victory V92 TC ini sanggup menderu kembali hanya dengan oli, bensin, filter udara dan aki yang baru. Saat silindernya dikeringkan, tidak dibutuhkan busi baru untuk mengidupkannya kembali. Busi lamanya bahkan masih dapat digunakan kembali. Penghidupan kembali pun sukses dan motor ini siap untuk menerima siksaan berikutnya.