Setiap tahunnya hadir sederet video game balap mobil yang berusaha menyuguhkan keseruannya masing-masing. Beberapa di antaranya rilis dalam bentuk arcade namun ada juga yang menawarkan pengalaman berkendara sungguhan dengan bentuk simulator. Berikut ini jajaran video game balap mobil paling diantisipasi selama 2015.

F1 2015

Rilis pada Juli 2015, game ini tersedia untuk platform Windows PC, Xbox One, dan Playstation 4. Di dalamnya menggabungkan pembalap-pembalap dan deretan sirkuit dari musim 2014. Tersedia mode permainan baru, “Pro-season”, yang menawarkan tingkat kesulitan di atas mode permainan normal. Game garapan Codemaster ini merupakan edisi ketujuh dari game balap mobil Formula 1.

Driveclub

Sebenarnya Driveclub merupakan game balap mobil yang rilis pada 2014. Namun pada Januari 2015, muncul patch baru yang membawa negara dan sirkuit baru. Game yang hanya tersedia untuk Playstation 4 ini fokus pada balap jalanan dan mengusung konsep klub. Di mana pemain bisa membuat tim yang terdiri dari enam orang dan balapan bersama-sama.

The Crew: Wild Run

Game dari Ivory Tower yang dipublikasikan oleh Ubisoft ini merupakan game balap bersifat open-world kelanjutan dari The Crew. Sempat mendapat sorotan di ajang Gamescon 2015, The Crew : Wild Run menyuguhkan grafis baru, mobil baru, dan tentunya tantangan-tantangan baru. Meluncur pada 17 November silam, The Crew: Wild Run hadir untuk platform Microsoft Windows, Xbox One, Playstation 4, dan Xbox 360.

Project Cars

Project Cars dirilis pada Mei 2015 dan hadir pada platform Windows PC, Playstation 4, Xbox One, dan Linux. Namun sayangnya, game ini punya line-up mobil yang terbatas. Sebagai bukti, hanya ada Mitsubishi Evo yang mejadi wakil mobil Jepang. Di platform Xbox, game ini mengalami ketidaksempurnaan. Bahkan pengembangnya, Slightly Mad Studios, membatalkan perilisan untuk platform Nintendo Wii U karena ditemukan ketidakmulusan. Tapi di balik semua catatan minus tersebut, Project Cars berani diadu soal gameplay karena menyuguhkan balapan yang benar-benar realistis.

Need for Speed 2015

Game balap mobil ini mendapat sorotan utama dalam pagelaran Gamescon 2015. Walaupun tidak sepenuhnya positif karena pengeliminasian fitur transmisi manual yang mengundang reaksi negatif penggemar. Need for Speed 2015 dikembangkan oleh Ghost Games – perusahaan subsidiary EA Sport – yang mengambil alih pengembangan dari Criterion Games sekaligus 80 persen pegawainya. Need for Speed 2015 hadir pada platform Microsoft Windows, Xbox One, dan Playstation 4.

Forza Motorsport 6

Forza Motorsport 6 disebut-sebut sebagai game paling diantisipasi oleh pengguna XBox One sepanjang 2015. Demi menghadirkan detail kelas atas, pengembangannya, Turn 10 Studios, sampai mengunjungi langsung setiap sirkuit aslinya guna mendapat gambaran paling nyata. Misalnya, untuk melihat posisi genangan-genangan air yang membasahi lintasan saat hujan. Balapan yang disuguhkan pun tergolong lengkap. Mulai dari FIA WEC, WTCC, BTCC, V8, Supercars, F1 dan Formula E.

Ada yang terlewat? Ayo share game balap favorit Anda di kolom komentar!