VizioM

Terkadang, kerjasama untuk tujuan bersama dapat terjalin, meski antara rival sejati. Itulah yang terjadi dengan pabrikan satu negara, BMW dan Daimler. Mereka berdua bekerjasama dengan Technical University of Munich (TUM) demi mengembangkan sebuah kendaraan listrik bertajuk Vizio.M.

Didesain untuk seringan mungkin, Vizio.M. menampilkan sejumlah inovasi dalam komponen. Sebut saja jendela yang terbuat dari plastik, bodi panel alumunim dan sebuah monocoque yang terbuat dari plastik fiber-karbon. Merasa tidak asing? Tentu saja, sebab semuanya merupakan komponen yang tertanam dalam BMW i3.

Urusan mesin, Vizio.M. ditenagai oleh motor kompak bertenaga 20hp yang mengambil listrik dari baterai lithium-ion yang terletak di belakang jok. Model ini dapat mencapai kecepatan puncak 120 km/jam dengan daya jelajah 160 km. Yang menarik, Visio.M. menampilkan airbag structural yang terletak di bumper dan kedua pintu. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka mengembang sebelum tabrakan untuk menyerap energy dan mengurangi cidera.

Interiornya tergolong sederhana, dengan berorientasi kepada fungsi. Setir kemudi dua jari multifungsi, kluster instrument digital dengan layar sentuh layaknya tablet pada panel tengah. Sebuah pemanas berbasis ethanol pun diletakkan untuk menghangatkan kompartemen penumpang saat pagi di musim dingin.

“Dengan Vizio.M. kami mendemonstrasikan kemungkinan sebuah mobil yang super ringan dan juga aman. Namun harga yang ditawarkan lebih murah daripada mobil berpembakaran dalam. Masih jauh dari produksi regular karena semua komponen harus diadapaptasikan untuk produksi skala besar,” jelas professor Markus Lienkamp, dikutip dari Leftlane.

Untuk proyek yang belum ditentukan jangka waktunya ini, dukungan pemerintah pun tergolong besar. Federal Ministry of Education and Research Jerman telah memberikan dana sekitar 9 juta dolar untuk pengembangan Vizio.M.