Volkswagen terus berupaya menjadi pabrikan otomotif yang penuh percaya diri mengaplikasikan tenaga listrik pada kendaraannya di masa depan. Selain urusan roda empat, ternyata Volkswagen kini juga sedang mendalami kendaraan bahari lewat pembuatan sebuah yacht.

Dalam maket besar perencanaannya, pabrikan mobil yang berbasis di Wolfsburg, Jerman ini akan memproduksi yacht mewah berbasis tenaga listrik. Yacht ber-platform VW ini akan menyelipkan baterai yang tenaganya langsung didapatkan dari sinar matahari. Yacth mewah milik Volkswagen ini dikatakan didesain oleh Cupra salah satu perusahaan milik VW asal Spanyol.

Dikutip motortrend, bicara soal sistem yang diusung, dikatakan yacht listrik ini akan menggunakan solar panel namun memiliki sistem layaknya mobil SUV listrik Volkswagen ID4. Artinya akan ada dua motor besar yang akan digerakkan oleh tenaga baterai dan disalurkan kepada baling-baling. Sinar atau panas matahari akan diserap untuk dimasukkan ke dalam baterai, sehingga bisa menghidupi seluruh kebutuhan listrik dari yacht mewah ini.

Volkswagen tidak menjelaskan kapan yacht ini akan mulai diproduksi dan dijual kepada para orang kaya di dunia, namun terlihat jelas Volkswagen ingin membuktikan keunggulan platform MEB (Modular Electric-drive Matrix) atau platform kendaraan bertenaga listrik racikannya.

Akankah yacht ini nantinya akan dimiliki oleh orang ‘tajir’  tanah air? Yang jelas, yacht bukanlah sebuah ‘mainan’ bagi pembeli mobil yang masih kredit.