Sebelumnya Volkswagen Motorsport bersikukuh mendaftarkan Polo R WRC untuk mendapatkan homogolasi FIA untuk dapat ikut World Rally Championship (WRC) musim 2017. Tim balap pabrikan yang hengkang sejak 2016 lalu ini ternyata gagal menembus regulasi balap reli dunia tahun ini untuk Polo R WRC 2017.

Pertemuan antara Federation Internationale de Automobile (FIA) dengan Volkswagen Motorsport di Monako memutuskan tim tersebut telah resmi dilarang ikut kompetisi reli tahun ini. Sebelumnya, Volkswagen Motorsport berharap mobil Polo R WRC 2017 bisa mendapatkan homologasi agar dapat digunakan oleh tim privatir di ajang WRC.

Direktur Volkswagen Motorsport, Sven Smeets menyebutkan, menyusul permintaan dari tim pelanggan, Volkswagen Motorsport meminta surat kelonggaran terkait homologasi mobil Volkswagen Polo R World Rally Car 2017 dengan tujuan agar Volkswagen Motorsport dapat menyewakannya kepada pembalap dan tim privatir.

“Namun, permintaan tersebut ternyata tidak sesuai dengan regulasi WRC saat ini. Meski kecewa, kami sepenuhnya menerima keputusan ini. Kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada FIA atas diskusi yang konstruktif,” jelas Smeets dalam kutipan resminya dari Autosport.