Bombastisnya berita tentang skandal emisi mesin diesel Volkswagen ternyata tidak menyurutkan kepercayaan publik Jerman terhadap merek ikonik tersebut. Terbukti dari riset yang diadakan oleh konsultan merek Eropa Prophet baru-baru ini, menyatakan bila 65% penduduk Jerman masih akan membeli mobil VW di masa depan.

Menurut hasil laporan Prophet, 65% dari 1,000 orang Jerman yang disurvei masih mempercayai VW untuk besutan mereka. Malahan mereka berujar bila skandal emisi tersebut dibesar-besarkan media dimana dua per tiga dari mereka percaya bila isu ini akan surut dalam setahun kemudian.
“VW telah membangun sebuah aset merek yang baik kepada orang-orang dalam beberapa tahun terakhir. Ini tidak dapat dikalahkan hanya dalam satu skandal. Sementara beberapa kepercayaan hilang, semuanya akan kembali dalam beberapa waktu ke depan,” jelas Felix Stockle, partner Prophet di Berlin.
Memang secara kasat mata, industri otomotif berperan besar di Jerman. Tidak hanya secara nilai, Jerman adalah pasar mobil terbesar di Eropa secara volume. Setidaknya ada sebanyak 750,000 tenaga kerja mampu diserap untuk kegiatan ekonominya, yang mana 10,000 diantaranya dapat terancam kehilangan mata pencaharian akibat skandal tersebut.