Mendebut di New York Auto Show mendatang, VVT15X akan menjadi senjata baru Subaru untuk berkompetisi di kejuaraan reli dunia. Dasarnya adalah WRX STI 2015 dengan modifikasi mesin berkekuatan 580dk.

Tetap berlandaskan standar homologasi GRC dan FIA, mesin boxer 2.0 liter andalan Subaru mengalami peningkatan hingga 580dk yang dipasangkan dengan girboks SADEV 6-Percepatan. Iklaim bila kecepatan sprint si bodi lebar ini sanggup mencapai 2 detik dari 0 ke 96km/jam.

Dikatakan pabrikan, kunci dari VT15X adalah pengoptimalan keseimbangan berat, gravitasi, suspensi geometri maupun aerodinamika. Di sisi lain Subaru turut meningkatkan tenaga mesin dan responnya untuk mencapai kemampuan untuk start dan melaju secara rata-rata.

“VT15x hampir-hampir menggunakan teknologi yang benar-benar baru. Mobil ini adalah revolusi, bukan sekedar evolusi,” jelas Lance Smith, ketua Vermont SportsCar Team, mitra Subaru dalam hal teknis.

Subaru Rally Team USA akan memulai musim 2015nya di Red Bull Global Rallycross sebelum memulai X Games Rallycross. VT15X akan dikemudikan oleh Bucky Lasek dan Sverre Isachsen, sementara untuk X games Travis Pastrana akan turut membantu di sana.