Apa istilah yang pantas untuk mewakili supercar besutan Aston Martin ini? Penulis sendiri terbayang The Green Goblin. Supervillain bengis dalam cerita komik Marvel. Tapi Aston Martin telah punya nama sendiri. Vulcan!

Melihat sosok supercar yang satu ini memang sangat tak pantas jika diidentikkan dengan keindahan atau kecantikkan. Karena dari semua sisi Vulcan hanya menampilkan keseriusannya dalam urusan kecepatan.

Vulcan diklaim sebagai supercar paling ekstrem dalam sejarah produsen mobil asal Inggris ini. Aston Martin memposisikannya sebagai track-only supercar yang dilahirkan untuk menyajikan kecepatan dengan performa ekstrem.

Konstruksinya terdiri serat fiber. Di bawah kapnya tertanam mesin V12 Aston Martin 7 liter yang mampu memproduksi lebih dari 800 hp. Mesin tersebut diracik oleh Aston Martin Racing.

Spec-nya tak lain untuk memenuhi kebutuhan FIA World Endurance Championship. Seperti suspensi pushrod dengan damper yang dapat diatur, anti-roll bars, transmisi enam percepatan, disc brake yang terbuat dari campuran carbon dan keramik, traction control, dan sistem pengereman ABS dengan kaliper lansiran Brembo.

Aston Martin hanya memproduksi 24 unit spesies supercar ini. Hal itu untuk menyimbolkan ajang balap ketahanan 24 jam yang memang akan menjadi habitatnya.

Geneva Motor Show 2015 yang akan digelar pada 3 Maret nanti akan menjadi debut pertamanya turun ke muka bumi. Vulcan memang berada di alam yang berbeda bersama Ferrari FXX dan McLaren P1GTR.