Dalam dunia modifikasi mobil, langkah yang lazim dan umum dilakukan adalah meremajakan tampilan kendaraan dengan aksesoris atau fitur terkini agar mobil tersebut tidak ketinggalan zaman. Sekali lagi, itu adalah hal yang lazim dilakukan. Lalu apa jadinya jika modifikasi yang dilakukan justru kebalikannya? Alih-alih meremajakan, modifikasi yang dilakukan justru membuat tampilan mobil menjadi jauh lebih tua, terutama dari sisi cat mobil yang seolah-olah tampak kusam dan berkarat karena usia, atau yang biasa disebut patina.

VW_RustyLook2

Hasilnya tentu saja heboh. Salah satu contohnya adalah VW T5 Transporter Sportline yang dimodifikasi oleh Clyde Wraps, spesialis car wraping asal Glasgow. Mobil buatan tahun 2014 yang aslinya berwarna hitam ini dibungkus dengan sticker vinyl berdesain kusam, karat, dan menonjolkan tampilan patina, seolah-olah VW T5 Transporter Sportline ini sudah berusia puluhan tahun dengan cat original yang telah termakan usia.

VW_RustyLook6

Proses pengerjaannya sendiri tidak bisa dibilang mudah karena Clyde Wraps harus mengukur setiap bidang mobil secara detil dan menyesuaikannya dengan desain ‘karat’ yang akan dipasang di bagian tersebut. Setelah ukuran detil mobil sudah digenggaman, sticker vinyl berdesain karat dengan finishing Matt Laminate langsung diaplikasikan di sekujur body mobil sambil memastikan bahwa seolah-olah karat tersebut berasal dari atap dan lis body, lalu turun ke bagian body lainnya.

VW_RustyLook

Hasilnya bisa Anda lihat sendiri. Mobil produksi tahun 2014 ini seolah terlihat jauh lebih tua. Tak heran jika mobil ini sempat ramai menghiasi lini masa di berbagai media sosial. Berbagai bentuk komentar baik positif maupun negatif ikut meramaikan efek viral mobil ini di dunia maya. Lalu bagaimana tanggapan dari Cycle Wraps akan kehebohan tersebut?

VW_RustyLook4

Thank you to all for their comments – some hilarious, some compliments, some insults, and a few confused as to why the plastic bumpers were rusty! …It’s an ART CAR!” tulis Cycle Wraps di situs resminya.

Photos: www.clydewraps.com