Diatas lahan seluas 60 hektar, Volkswagen Indonesia dibawah pemasaran PT Garuda Mataram Motor (GMM) kini punya fasilitas perakitan untuk produk Tiguan Allspace di Indonesia. Bekerja sama dengan Indomobil Group lewat PT National Assemblers, pabrik perakitan VW di Cikampek, Jawa Barat ini diharapkan dapat memproduksi 6.000 unit setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.

Volkswagen tercatat punya sejarah panjang di Indonesia. Sejak tahun 1952 Volkswagen secara resmi eksis di pasar otomotif Indonesia. Tiguan Allspace bukanlah produk perdana VW yang dirakit di Indonesia. Sejumlah produk VW yang telah dirakit di tanah air diantaranya Passat, Safari, Caravelle, Polo, Golf hingga Tiguan generasi sebelumnya.

Usaha Volkswagen untuk membuat perakitan di tanah air patut diacungi jempol. Pasalnya dengan begini harga jual mobil ini kian kompetitif dan mampu bersaing dengan produk serupa lainnya dari pabrikan Jepang, Korea Selatan, Cina dan Amerika.

Volkswagen Tiguan Allspace secara parsial dikirim dari pusat perakitan SUV VW di Mexico. Di Indonesia, komponen lepasan yang disebut sebagai Medium Knock Down atau MKD tersebut dirakit sempurna dan dilakukan pengujian laik jalan sebelum mobil siap dikirim ke dealer VW.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor menyebutkan, langkah pembangunan fasilitas produksi Volkswagen merupakan bukti komitmen kami untuk turut serta mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dengan membangun fasilitas produksi Volkswagen di Indonesia. Fasilitas produksi yang berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama pada Volkswagen Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia.

Upaya pembangunan pabrik yang akan menghasilkan produk-produk Volkswagen selanjutnya diharapkan dapat mengingatkan konsumen Indonesia akan nama besar Volkswagen serta dapat mengembalikan kejayaan nama besar Volkswagen yang memiliki sejarah yang panjang dan sangat lekat di hati konsumen di Indonesia.