Strategi merakit produk Volkswagen secara lokal bukanlah mainan baru bagi PT Garuda Mataram Motor (GMM). Sebelum VW Tiguan Allspace, GMM juga pernah merakit VW Touran, VW Golf MK VI dan VW Tiguan generasi 1 di tanah air untuk pasar lokal.

Kini, menggandeng Indomobil Group selaku pemilik fasilitas perakitan mobil di Cikampek, Jawa Barat, GMM kembali menjalin kolaborasi bisnis untuk merakit generasi terbaru, VW Tiguan Allspace di lokasi tersebut untuk market lokal. Dengan begini, VW Tiguan Allspace yang punya tiga baris bangku jadi punya harga jual yang lebih terjangkau ketimbang dikirim bulat-bulat (CBU) dari negara asalnya.

Jonas Chendana, CEO PT Garuda Mataram Motor dalam sebuah perbincangan menekankan, langkah ini dinilai paling ideal untuk menghadirkan produk yang kompetitif di Indonesia dimana negara ini punya pasar yang kuat sekali akan kendaraan tiga baris atau tujuh penumpang.

“Jadi bisa kami katakan dengan bangga bahwa produk ini, VW Tiguan Allspace merupakan buatan orang Indonesia. Karya anak bangsa,” tegas Jonas di pameran GIIAS 2019. Lebih lanjut Jonas menyebutkan, meski dirakit disini (Indonesia) namun seluruh komponen didatangkan dari pusat pengembangan VW Tiguan Allspace di Meksiko.

Langkah perakitan lokal untuk menekan harga jual kendaraan sukses dilakukan Volkswagen saat era VW Tiguan generasi pertama satu dekade lalu. Saat itu, PT Garuda Mataram Motor mencatat ada 1.500 unit VW Tiguan yang berpindah ketangan konsumen karena harga jualnya yang cukup terjangkau.