Istilah anak-anakan kembali terjadi di keluarga besar Yamaha Motor Companny. Setelah R25 lahir sebagai baby M1, kini bayi lain hadir dari keluarga MAX Series dengan nama NMAX. Motor dengan harga Rp27 juta ini digadang sebagai babynya TMAX. Apa sih keunggulannya?

NMAX berteknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang pertama kali diterapkan pada motor di dunia. Dia adalah motor matic pertama di pasar ASEAN yang dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang diadopsi dari motor sport besar. Jelas tentu kalau di Eropa matik-matik ber-abs sudah ramai lalu lalang berkeliaran, seperti TMAX, kakaknya.

Selain itu NMAX juga digadang sebagai matik Yamaha Indonesia pertama yang memiliki fitur-fitur berkelas yaitu rear disc brake, 4 valve, dan fuel digital speedometer yang dapat menunjukkan instant fuel consumption secara real time dan average fuel consumption rata-rata. Hal ini terbilang cukup spesial karena baru ada dua motor Yamaha Indonesia yang memiliki speedometer seperti itu yaitu di R25 dan NMAX. Speedometer NMAX juga dilengkapi MID (Multi Information Display) dengan fitur terbarunya Oil Trip Meter yang berfungsi menunjukkan jarak yang telah dicapai saat indikator bahan bakar di sebelah kanan speedometer telah berkedip dan V-Belt Trip yang berfungsi menginformasikan jarak pemakaian V-Belt CVT.

Kalau masih berbicara soal teknologi, Blue Core jelas tidak bisa dipisahkan. Filosofi baru Yamaha ini muncul juga dalam NMAX. Berarti matik sporty gambot 155cc ini adalah motor ke-4 Yamaha yang berteknologi Blue Core setelah Nozza Grande (Vietnam), Grand Filano (Thailand) dan New Mio M3 125 (Indonesia). Dapat diklaim bila nantinya dia aka dapat efisien, fun dan bertenaga. Apalagi dengan dijejalkannya teknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran.

Terkait desain, sudah barang tentu nama baby TMAX disematkan bila tidak ada kemiripan. Disebut begitu karena desainnya terinspirasi dari TMAX, motor CBU Yamaha yang laris di Indonesia dan dunia. DNA MAX Series adalah desain Sport Matic, lampu depan LED ganda, lampu pengereman belakang LED, pijakan kaki lapang sehingga pengendara dapat menyesuaikan posisi berkendara sesuka hati, center tunner, boomerang motif.

Sebagai informasi, NMAX adalah produk global kedua yang diproduksi di Indonesia. Yamaha Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan setelah memproduksi global model YZF-R25.

”Langkah Yamaha “Semakin di Depan” dengan menciptakan segmen terbaru Ultimate Sports Matic (Sports Matik Tertinggi), beda dengan kategori matik, sport atau matik sport biasa. Dan makin istimewa karena merupakan produk global model. Apalagi disempurnakan teknologi terbaru VVA (Variable Valves Actuation), pertama kali ada pada motor di dunia,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indoneesia Motor Manufacturing.