Baru-baru ini Mitsubishi Motors meluncurkan satu set foto purwarupa dari Lancer Evolution Final Edition ke hadapan publik pada Mitsubishi Owners Day di Cypress, California. Meski masih berupa purwarupa namun diklaim bila inilah versi yang paling mendekati dengan model produksi.

Di hadapan ratusan pengguna Mitsubishi, purwarupa tersebut ditampilkan dengan diringi kabar yang tidak mengenakkan. Mitsubishi akan mulai mendata pesanan di Jepang mulai April dan hanya akan ada 1000 unit yang dijual. California sendiri mendapat jatah 1,600 unit.

Secara visual, purwarupa yang berarti nomer 0000 ini menampilkan bentuk muka khas Mitsubishi dengan gril depan berkrom hitam dan bumper hitam glossy. Warna senada juga diberikan untuk melapisi velg BBS 18-inci. Sedangkan panel atap diberikan pilihan dua warna, hitam dan putih, yang bisa dipadukan dengan satu dari lima warna bodi – merah, putih, abu-abu, hitam dan biru. Di dalam kabin disuguhkan jok Recaro, setir kemudi, tuas perseneling, hendel rem parkir dan tepian konsol yang dilapisi dengan kulit hitam dan jahitan merah.

Sayangnya, terkait jantung pacu, iming-iming yang dulu ada di Lancer Evolution X Final Concept luluh sudah. Saat dipamerkan tahun lalu, sang Lancer membawa mesin hasil tuning HKS berkekuatan 473-hp. Kini dikatakan bila Evo Final Edition hanya akan membawa mesin turbo four 2.0-liter yang di Jepang dihargai dengan 296 HP.

Inilah akhir sedan Lancer. Mitsubishi berkata bila Evo generasi baru akan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Banyak yang mengatakan bila Evo tersebut akan berupa hybrid plug-in yang mengadopsi Outlander Sport generasi terbaru. Meski begitu proyek tersebut dipending sampai jangka waktu yang tidak ditentukan karena Mitsubishi sedang mencari teknologi yang paling pas untuk proyek tersebut.