22 Juni menjadi hari yang sakral bagi pembesut Volkswagen Beetle. Di tanggal tersebut, para pembesut Volkswagen Beetle merayakannya dengan “World Wide VW Beetle Day”.

Mengutip dari Drive and Hype, penulis yang juga seorang Volkswagen enthusiast garis keras menceritakan bahwa pada tanggal 22 Juni 1934, kontrak kerjasama antara pihak German Automobilistic Industry National Association dengan Dr. Ferdinand Porsche yang mewakili The Eng. F.h.c Porsche GmbH dalam membuat mobil rakyat Jerman ditandatangani. Pengembangan sebuah model kendaraan yang berorientasi pada kebutuhan transportasi dan mobilitas rakyat Jerman, bernama Volkswagen pun lahir lewat model Volkswagen Type-1.

Sejak itu Volkswagen Type 1  atau disebut sebagai VW Beetle menjadi begitu fenomenal berkat angka populasinya yang mencapai jutaan unit di seluruh dunia. Berbagai gelar dan prestasi sebagai rajanya mobil di dunia pun terus melekat pada VW Type-1 atau Beetle.

Banyak predikat melekat di sosok mobil legendaris ini seperti; mobil dengan penjualan terbaik di dunia, mobil legenda abad ini, mobil terfavorit pilihan kolektor mobil, hingga mobil yang cocok dan tahan dengan berbagai kondisi jalan maupun cuaca.

Tepat menjelang event The 5th International Meeting of Vintage VW in Bad Camberg, seorang penggemar berat VW Beetle dari Brasil yang juga Ketua VW Beetle (FUSCA) Enthusiast Brasil, Alexander Gromow, berinisiatif mengajukan momen tanggal 22 Juni -yang merupakan hari kelahiran produksi VW Beetle pertama di dunia- bisa diresmikan sebagai “Hari VW Beetle Sedunia” atau “World Wide VW Beetle Day” yang bisa diperingati oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

Panitia event 5th Bad Camberg 1995 saat itu yang diketuai oleh Mr. H.W. Lottermann, langsung merespons positif ide menarik Alexander Gromow. Mereka berdua lantas mengajak Dr. Bernd Wiersch dari AutoMuseum Volkswagen Wolfsburg untuk sepakat mempublikasikan Hari VW Beetle Sedunia pada tanggal 22 Juni di tengah keramaian event VW Bad camberg yang banyak dihadiri pehobi, pecinta, dan kolektor VW klasik seluruh dunia.