2013-01-29_1128421

Yeah, China memang terkenal sebagai rajanya duplikasi sebuah produk. Tak tanggung-tanggung Jeep pun dipelesetkan. Beijing Auto Works (BAW) adalah salah satu perusahaan otomotif terbesar di China. Sejarah panjang mereka dalam meciptakan sebuah kendaraan SUV memang sudah menjadi jaminan.

Di Shanghai Auto Show tiga tahun lalu, mereka melansir dua tipe sekaligus, B40 dan B70. Perbedaan keduanya tentu dari panjang casis serta jumlah pintu.Tapi kami ingin bertanya kepada Anda, Apa yang ada di pikiran Anda tentang tampilan SUV ini? Hmmm.. sudah dapat dipastikan asosiasi Anda akan mengarah kepada tongkrongan Jeep Wrangler asal negeri Paman Sam.

2013-01-29_112919

Untuk pilihan mesin, mereka menawarkan dua pilihan, yaitu 2.0 and 2.5. Keduanya mengawal transmisi 5-speed manual berpenggerak roda  4×4. Memang, masih banyak orang yang tidak yakin lantaran hanya sebesar 2.0 untuk menghela mobil berdimensi sebesar ini. Boleh saja 2.0L sebenarnya,  asal mesinnya diesel yang sudah diracik dengan sempurna.

Tenaga mesin yang dihasilkan oleh mesin 2.0 adalah 122 tenaga kuda dengan torsi180Nm, dan untuk  mesin 2,4 dengan 142hp dan 217nm. Tenaga yang dimiliki memang terbilang rendah, lantaran ini adalah mesin berteknologi lama warisan Beijing Auto Qishi S12 yang merupakan bawaan Beijing-Jeep Cherokee.

1

Sektor mesin memang kelemahannya, namun desain tampilannya cukup menghasilkan sebuah buzz di kalangan penggemar off -road, apalagi punya kemiripan dengan Jeep Wrangler yang harganya tentu saja jauh lebih mahal.

Wujud Jeep pada dasarnya telah diciptakan sejak Perang Dunia II dan auranya mash ada  sampai sekarang. Dan sudan ban yak pula yang mereplikasi di seluruh dunia. Di satu sisi, industri otomotif China memang tak pernah malu “meniru”. Tapi bust kami, hal ini bisa ditolerir, sebab produk BAW ini menarik untuk dilihat.

Selain tampilan luar yang atraktif dengan velg OEM Jeep bertipe Knock-Off, ada hal yang agak nyeleneh yaitu handle pintu luar yang kami rasa kurang gagah dengan model datar. Buat kami yang benar-benar menjadi daya tarik di bagian interior adalah jahitan kursi yang dibuat dengan benang kontras dengan bahan kain keseluruhannya. Lalu adanya sistem navigasi, desain lingkar kemudi yang nampak seperti sebuah mobil modern.

2013-01-29_1129081

Nah, perkara harga adalah salah satu isu besarnya untuk masuk ke persaigan. Dan tentu saja dengan desain yang terbilang lumayan bagus, kami rasa B40 dan B70 bisa menarik hati para pecinta kendaraan segala medan. Asal pihak produsen mau memaksimalkan kinerja dan pilihan mesin yang lebih baik.

FYI: Beijing Auto Works adalah perusahaan patungan dengan Beijing Jeep. Perusahaan ini memang sejak lama joint dengan brand Jeep. Seperti Cherokee di tahun 90-an yang kita lihat sebagian besar memang rakitan negeri tirai bambu ini. So, produk ini kemungkinan besar memiliki beberapa kandungan dan teknologi Wrangler tahun lawas.
Well, kita lihat saja, apakah para pecinta barang KW di tanah air akan meminangnya?